Selasa 25 Januari 2022, 10:23 WIB

Australia Beli Hak Bendera Milik Seniman Suku Pribumi Aborigin

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Australia Beli Hak Bendera Milik Seniman Suku Pribumi Aborigin

Yoshikazu TSUNO / AFP
Timnas sepa bola putri Australia mengibarkan bendara Aborigin saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

 

PEMERINTAH Australia telah mencapai kesepakatan untuk membeli hak cipta atas bendera Aborigin senilai US$14 juta, mengakhiri perdebatan panjang tentang penggunaan umum bendera tersebut.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pemerintahnya telah membebaskan bendera Aborigin untuk warga Australia.

Kesepakatan itu muncul dari negosiasi dengan seniman Aborigin Harold Thomas, yang mendesain bendera itu pada 1971.

Selama 50 tahun terakhir, bendera tersebut telah menjadi simbol penting dari protes dan perayaan bagi orang-orang Aborigin Australia.

Tapi ada perdebatan sengit tentang penggunaan publik dari desain Thomas setelah seniman tersebut memberikan lisensi kepada perusahaan untuk menggunakannya pada produk mereka.

Salah satu perusahaan ini, WAM Clothing, mengirim surat penghentian ke banyak organisasi, termasuk Australian Football League, karena menggunakan bendera Aborigin pada pakaian.

"Saya berharap pengaturan ini memberikan kenyamanan kepada semua orang Aborigin dan warga Australia untuk menggunakan bendera, tidak berubah, dengan bangga dan tanpa batasan," kata Thomas tentang kesepakatannya dengan pemerintah Australia.

"Saya bersyukur bahwa karya seni saya diapresiasi oleh begitu banyak orang, dan itu telah mewakili sesuatu yang begitu kuat bagi banyak orang,” imbuhnya.

Morrison mengatakan kesepakatan ini membuat bendera tersebut dapat digunakan di pakaian, lapangan olahraga, karya seni, dan di media lain apa pun tanpa harus meminta izin atau membayar biaya.

Kesepakatan itu juga akan membuat pemerintah Australia memberikan beasiswa untuk menghormati Thomas senilai $100,000 untuk siswa Pribumi. (Aiw/France24/OL-09)

Baca Juga

AFP/GIORGIO VIERA

Republik Bela Trump yang Rumahnya Digeledah FBI

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:34 WIB
Politikus Partai Republik di DPR AS Kevin McCarthy mengatakan Departemen Kehakiman yang dipimpin Jaksa Agung Merrick Garland...
AFP

Tiongkok Rilis Buku Putih, Peringatkan Tidak akan Tolerir Separatis di Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:45 WIB
Dokumen tersebut menguraikan bagaimana Tiongkok bermaksud untuk mengklaim Wilayah Taiwan melalui berbagai insentif ekonomi dan tekanan...
ANTARA/Nova Wahyudi

Larangan UE Impor Batu Bara Rusia Mulai Berlaku

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:51 WIB
Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) tidak akan diizinkan untuk mengimpor batubara lagi dari Rusia setelah masa transisi embargo blok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya