Sabtu 27 Februari 2021, 20:23 WIB

Auckland Kembali Lakukan Penguncian Wilayah

Nur Aivanni | Internasional
Auckland Kembali Lakukan Penguncian Wilayah

DAVID ROWLAND / AFP
Warga Auckland lakukan tes covid-19

 

PERDANA Menteri Jacinda Ardern memerintahkan kota terbesar di Selandia Baru kembali diberlakukan penguncian wilayah atau lockdown pada Sabtu karena kasus covid-19 terus terdeteksi di masyarakat.

Pembatasan terbaru di Auckland tersebut akan berlangsung setidaknya tujuh hari dan terjadi kurang dari dua minggu setelah penutupan tiga hari di kota tersebut.

Ardern mengatakan kasus virus korona baru yang dikonfirmasi pada Sabtu tidak dapat secara langsung dikaitkan dengan tes positif lainnya selama dua minggu terakhir.

Dari Minggu pagi, 1,7 juta penduduk kota itu harus tinggal di rumah, kecuali untuk berbelanja dan pekerjaan yang penting.

Sekolah dan toko non-esensial akan ditutup dan akses masuk dan keluar kota akan dibatasi.

Sementara, wilayah lainnya di Selandia Baru akan berada di bawah pembatasan tingkat dua yang mencakup batasan kapasitas dalam pertemuan publik.

Ardern mengatakan ada kekhawatiran bahwa kasus terbaru itu melibatkan seseorang yang telah terinfeksi selama seminggu tetapi belum diisolasi.

Sejak wabah terbaru pertama kali muncul dalam keluarga yang beranggotakan tiga orang, beberapa orang telah melaporkan gejala, dengan sekolah di Auckland Selatan sebagai faktor penghubung.

Ardern menyalahkan penyebaran infeksi komunitas yang menjalar pada orang-orang yang tidak mengisolasi ketika mereka seharusnya melakukan isolasi.

Dalam kasus terakhir, orang tersebut mengunjungi dokter pada Jumat dan kemudian pergi ke gym. "Ini membuat frustrasi," kata Ardern.

Selandia Baru telah dipuji secara luas atas penanganan pandeminya, dengan hanya 25 kematian dalam populasinya sebanyak lima juta orang. (AFP/OL-4)

Baca Juga

AFP

Korut Lockdown Total, Staf KBRI Pyongyang Tinggalkan Korea Utara Lewat Tiongkok

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 19:40 WIB
Korea Utara hampir tidak mengizinkan siapa pun memasuki negara itu sejak Januari...
AFP

Myanmar Geser Dubes Pendukung Suu Kyi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 17:21 WIB
Mantan duta besar, Kyaw Zwar Minn, dikunci dari kedutaan London pada April setelah menyerukan pembebasan Suu...
AFP/Ozan KOSE

UNESCO Minta Laporan Turki Soal Hagia Sophia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 12:19 WIB
Keputusan Turki untuk mengubah Hagia Sophia, katedral dari era Byzantine, dari museum menjadi masjid memicu kemarahan dari dunia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengawasan Lemah karena Infrastruktur Terbatas

 Pasal 4 huruf j Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 menyebutkan tahanan dilarang memiliki, membawa, dan atau menggunakan alat elektronik

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya