Rabu 02 Desember 2020, 01:45 WIB

Deforestasi Amazon Naik di Era Bolsonaro

Deforestasi Amazon Naik di Era Bolsonaro

AFP
Kerusakan hutan Amazon

 

HUTAN Amazon di Brasil telah mengalami penghancuran terburuk di era Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Data lembaga antariksa Brasil, Inpe, menunjukkan setidaknya 11.088 km persegi hutan dihancurkan antara Agustus 2019 dan Juli 2020, angka tertinggi sejak 2008. Itu meningkat 9,5% dari tahun sebelumnya.

Amazon ialah rumah bagi sekitar 3 juta spesies tumbuhan dan hewan, serta 1 juta penduduk asli. 

Carlos Rittl, pecinta lingkungan yang bekerja di Institute for Advanced Sustainability Studies Jerman, mengatakan angka-angka tersebut memalukan dan merupakan tanda yang jelas dari kerusakan yang terjadi pada lingkung an sejak Bolsonaro menjabat pada Januari 2019.

“Luasnya sepertiga dari ukuran Belgia--area hutan raksasa yang hilang hanya karena di bawah Bolsonaro. Mereka yang melakukan perusakan tidak merasa takut untuk dihukum,” kata Rittl seperti dikutip harian The Guardian.

“Pencapaian besar Bolsonaro dalam hal lingkungan ialah kerusakan hutan yang telah mengubah Brasil mungkin menjadi salah satu musuh terbesar lingkungan global dan dikucilkan di dunia internasional,” tambahnya. 

Juru bicara Greenpeace untuk Amazon, Cristiane Mazzetti, mengatakan angka tersebut lebih buruk daripada 2019. “Ini cerminan langsung dari kebijakan antilingkungan pada pemerintahan Bolsonaro yang telah melemahkan lembaga pemantau dan mengguna kan strategi yang salah arah untuk memerangi deforestasi, seperti mengerahkan angkatan bersenjata daripada agen perlindungan lingkungan,” jelasnya.

Kelompok Observatorio do Clima mengatakan kerusakan yang melonjak tidak mengherankan bagi mereka yang mengikuti pembongkaran kebijakan lingkungan yang telah berlangsung di Brasil sejak Januari 2019.

“Angka-angka tersebut hanya menunjukkan rencana Jair Bolsonaro berhasil. Itu hasil dari proyek untuk memusnahkan kemampuan negara Brasil dan badan pengawas mereka untuk menjaga hutan dan memerangi kejahatan di Amazon,” kata kelompok itu.

Seperti dikutip dari BBC, para ilmuwan mengatakan memang telah banyak kerusakan lingkungan terjadi di era Bolsonaro. Bolsonaro, misalnya, mendorong aktivitas pertanian dan pertambangan di hutan hujan terbesar di dunia tersebut. (Nur/X-11)
 

Baca Juga

AFP

Berbeda dengan Trump, Kebijakan Biden Banyak Fokus pada Lingkungan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 24 Januari 2021, 19:24 WIB
Selama empat tahun masa jabatannya, Trump membatalkan sekitar 100 peraturan tentang iklim dan...
AFP

Hari Ini Mesir Luncurkan Vaksinasi Sinopharm

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 24 Januari 2021, 17:55 WIB
Negara terpadat di wilayah Arab itu menerima gelombang pertama vaksin Sinopharm pada Desember...
AFP/Heiko Junge

Temukan Varian Covid-19 Asal Inggris, Oslo Perketat Pembatasan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:32 WIB
Dua penghuni panti jompo itu, keduanya berusia di atas 90 tahun, dipastikan tewas karena varian covid-19 asal Inggris...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya