Kamis 10 September 2020, 02:25 WIB

Kasus Covid-19 Muncul lagi di Thailand

Kasus Covid-19 Muncul lagi di Thailand

AFP
Kasus Covid-19 muncul lagi di Thailand

 

OTORITAS Thailand kemarin mengatakan telah menguji hampir 600 orang yang berpotensi terpapar kasus covid-19 domestik pertama di negara itu dalam lebih dari tiga bulan. 

Sejauh ini Thailand tidak menemukan infeksi baru. Kementerian Kesehatan Masyarakat mengatakan bahwa seorang pria berusia 37 tahun baru-baru ini dinyatakan positif terkena covid19 saat tiba di penjara, menyusul hukuman atas pelanggaran terkait narkoba. 

Pemerintah lalu melacak orang-orang yang dianggap berisiko di 12 tempat, termasuk pengadilan tempat pria itu muncul, klub malam, dan supermarket. Setelah dilakukan 569 tes, hasilnya negatif. 

Pihak berwenang juga telah meminta 400 orang lain yang dianggap berisiko rendah untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Bagaimana pria yang selama ini bekerja sebagai DJ klub malam di tiga tempat berbeda di ibu kota Bangkok itu terinfeksi tetap menjadi misteri.

Thailand saat ini melaporkan total 3.447 kasus infeksi yang dikonfirmasi, 58 kematian dan telah melonggarkan pembatasan internal. Jumlah korban itu ialah salah satu yang terendah di kawasan Asia Tenggara, dengan Indonesia dan Filipina yang tertinggi dengan masing-masing lebih dari 200 ribu kasus.

Saat ini Thailand memperketat penjagaan di perbatasan dan titik pemeriksaan dengan negara-negara tetangga seperti Myanmar dan Laos. “Hal itu untuk mencegah masuknya orang secara ilegal,” kata Sekretaris Tetap Kementerian Dalam Negeri Thailand, Chatchai Promlert.

Kemunculan kembali covid-19 di Thailand merupakan pukulan telak bagi perekonomian negara tersebut. Pihak berwenang terpaksa kembali menunda rencana untuk mengizinkan masuknya turis asing yang semula dijadwalkan pada 1 Oktober.

Perekonomian negara terbesar kedua di Asia Tenggara itu mengalami penyusutan terbesar dalam lebih dari dua dekade pada kuartal kedua tahun ini. Penyebabnya karena wabah virus korona baru telah mematikan pariwisata dan memperlambat sektor konsumsi. (AFP/Van/X-11)
 

Baca Juga

MONEY SHARMA/AFP

Aksi Protes terhadap Reformasi Pertanian di India Berujung Bentrok

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:12 WIB
Ribuan petani menerobos barikade polisi untuk melakukan aksi protes terhadap reformasi pertanian ke jantung ibu kota...
AFP/Mladen ANTONOV

Parlemen Thailand Dukung Aborsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:35 WIB
Namun, parlemen tetap mempertahankan pasal yang akan menghukum pelaku aborsi untuk kehamilan di atas 12...
AFP

Brunei Darussalam Dorong Kerja Sama Maritim

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:30 WIB
Anggota Vasey di Forum Pasifik Asyura Salleh mengharapkan Brunei Darussalam mendorong kerja sama maritim sebagai prioritas untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya