Sabtu 29 Agustus 2020, 02:10 WIB

Diplomasi Perbatasan, Prioritas Politik Luar Negeri Indonesia

Faustinus Nua | Internasional
Diplomasi Perbatasan, Prioritas Politik Luar Negeri Indonesia

Dok. Kementerian Luar Negeri RI
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi

 

MENTERI Luar Negeri RI, Retno Marsudi kembali menegaskan diplomasi kedaulatan sebagai salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia. 

Hal itu disampaikan pada acara Apresiasi Tim Teknis Penanganan Penetapan Batas Maritim Indonesia Periode 2015-2019, Kamis (27/8), di Jakarta.

Berdasarkan keterangam resmi Kemelu, pada Jumat, Menlu RI menyampaikan dua poin penting terkait upaya pemerintah Indonesia dalam menetapkan penetapan batas maritim. Pertama, perundingan wajib mengedepankan cara-cara damai sebagai wujud komitmen Indonesia. 

Kedua, perundingan wajib mengedepankan norma dan prinsip hukum internasional, Konvensi PBB Tahun 1982 tentang Hukum Laut. Menurutnya, kepastian batas wilayah maritim akan mempercepat perwujudan tata kehidupan negara bertetangga yang baik dan damai. 

Hal itu juga akan memberikan dasar dan kepastian hukum bagi pelaksanaan penegakan kedaulatan dan hukum, dan membuka peluang percepatan pembangunan nasional untuk kesejahteraan bagi semua.

Perundingan penetapan batas maritim sendiri merupakan masalah yang sangat kompleks karena melibatkan aspek kedaulatan, hak berdaulat, politik, ekonomi, yuridis serta teknis.  

Perundingan merupakan suatu hal yang dilaksanakan dengan kehati-hatian, ketelitian, dan pertimbangan dalam karenahubungan langsung dengan kedaulatan dan hak berdaulat yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Indonesia.

Adapun, Tim Teknis Penanganan Penetapan Batas Maritim Indonesia periode 2015-2019 telah menjalankan aspek-aspek tersebut. Mereka telah meraih capaian-capaian bagi kemajuan perundingan perbatasan dengan negara-negara tetangga.


Targetkan pasar Brasil

Kemlu juga mendorong para pengusaha Indonesia untuk membidik pasar Brasil.

Bekerja sama dengan Learn Business Anywhere dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Kemlu menyelenggarakan seminar daring bertema Menggali potensi bisnis Indonesia-Brasil, kemarin.

“Masyarakat Indonesia selama ini lebih mengenal Brasil melalui sepak bolanya. Kenyataannya lebih dari itu, potensi bisnis Brasil juga sangat menjanjikan,” tulis keterangan Kemenlu.

Brasil merupakan negara besar dengan penduduk kurang lebih 210 juta, luas wilayah yang besar seluas 8,5 juta km2, GDP sebesar US$1,84 triliun dan pendapatan per kapita sebesar US$8.700. Brasil juga unggul di sektor industri penerbangan dan pertahanan, serta pertanian antara lain dengan kopinya yang terkenal.

“Brasil juga memerlukan banyak produk impor dari luar negeri, termasuk investasi. Untuk itu, terbuka peluang untuk ekspor produkproduk Indonesia dan juga investasi dari Indonesia di Brasil,” sebut keterangan itu.

Beberapa potensi produk ekspor Indonesia ke Brasil antara lain bahan bakar, otomotif dan suku cadangnya, ban, potasium, telepon seluler, obat-obatan, elektronik, kelapa sawit, kelapa kering, benang, sepatu olahraga, benang dan tekstil, kakao, ikan, beras, furnitur, dan senapan. 

Adapun untuk investasi, beberapa sektor yang potensial di Brasil ialah pembuatan kertas, pabrik makanan instan khususnya mi. (I-1)

Baca Juga

AFP/JOEL SAGET

Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca akan Jalani Uji Tambahan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 09:38 WIB
Usai mengklaim vaksin itu memiliki efektivitas hingga 90%, banyak kritik yang mempertanyakan klaim...
AFP/JOEL SAGET

WHO Optimistis Vaksin dapat Kendalikan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 27 November 2020, 08:03 WIB
"Kehidupan yang seperti dulu kita kenal, saya rasa sangat, sangat mungkin. Namun, kita harus tetap menjaga kebersihan dan jarak fisik....
AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Trump Janji Lengser Jika Electoral College Menangkan Biden

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 27 November 2020, 07:57 WIB
Sejauh ini, Trump menentang hasil pemilu dengan menolak mengakui kekalahannya dan membuat serangkaian klaim tidak berdasar tentang dugaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya