Selasa 19 Februari 2019, 12:45 WIB

Penasihat Utama PM Trudeau Mengundurkan Diri

Sonya Michaella | Internasional
Penasihat Utama PM Trudeau Mengundurkan Diri

Dok. thestar.com

 

PENASIHAT utama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mengundurkan diri. 

Pengunduran diri ini terkait dengan tuduhan adanya tekanan terhadap jaksa agung Kanada untuk menghindari tuntutan terkait kasus korupsi sebuah perusahaan besar Kanada.
 
Sebuah surat kabar di Kanada bahkan menyebut tekanan ini atas permintaan Trudeau untuk menghindari tuntutan tuduhan korupsi SBC-Lavalin yang berbasis di Montreal dan juga melibatkan kontrak pemerintah di Libya.
 
Gerald Butts telah menjadi penasihat terdekat Trudau dan sahabat sejak mereka duduk di bangku kuliah. Pengunduran diri Butts disinyalir menjadi pukulan berat bagi Trudeau yang akan menghadapi pemilihan umum tahun ini. 

"Saya dengan tegas menyangkal tuduhan adanya tekanan terhadap Jaksa Agung Jody Wilson-Raybould," kata Butts, dikutip dari Guardian, Selasa (19/2).
 
Jika dinyatakan bersalah, SNC-Lavalin akan dilarang menerima bisnis yang terkait dengan pemerintah selama satu dekade. SNC-Lavalin merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontruksi dengan sekitar 3.400 karyawan di Quebec dan lebih dari 50 ribu karyawan di seluruh dunia.

 

Baca juga: Kanada Buka Pintu untuk Ratusan Pengungsi Libia

 
Sementara, Butts dianggap telah banyak membantu Trudeau memenangkan posisi perdana menteri pada 2015 silam.
 
"Butts melayani pemerintahan dengan baik, melayani negara kita dengan baik. Saya berterima kasih atas pengabdiannya dan kami tetap melanjutkan persahabatan," tulis Trudeau di akun Twitter pribadinya.
 
Pengunduran diri Butts ini lantas dicibrir oleh Andrew Scheer, pemimpin oposisi dari Partai Konservatif. Ia mengatakan pengunduran diri Butts merupakan kekacauan pemerintah untuk menutup skandal Trudeau.
 
"Warga Kanada harus prihatin dengan kasus ini dan adanya campur tangan politik dan penuntutan pidana. Trudeau harus berhenti sembunyi di belakang orang lain dan segera berterus terang," ungkapnya. (Medcom/OL-3)

Baca Juga

Maria Tan / AFP

Filipina Izinkan Masuk Pelancong Sudah Divaksin Mulai Bulan Depan

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:46 WIB
Keputusan Ini diumumkan bersamaan dengan gelombang infeksi yang dipicu varian omikron yang sangat menular dari covid-19 mulai...
AFP/The White House

Willow, Penghuni Terbaru Gedung Putih

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 06:15 WIB
Foto yang diunggah di akun Instagram Jill Biden memperlihatkan seekor kucing berbulu abu-abu dan putih berjalan di kediaman presiden...
AFP/Maya Alleruzzo and Bandar Al-Jaloud.

Usai Ditelepon, Netanyahu Izinkan Putra Mahkota Saudi Pergunakan Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:02 WIB
Mereka merujuk pada kasus Jamal Khashoggi. Jurnalis itu dilacak dengan spyware menjelang pembunuhannya pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya