Jumat 20 Februari 2015, 00:00 WIB

Siklon Lapis Landa Australia Utara

Wendy Mehari Utami | Internasional
Siklon Lapis Landa Australia Utara
 
DUA siklon melanda Australia bagian utara pada Jumat (20/2) dan mengakibatkan putuskan aliran listrik ribuan rumah. Atap-atap rumah juga hancur dan warga di pesisir mengungsi. Angin kencang dan hujan lebat juga diperkirakan akan melanda wilayah tersebut.

Dua siklon itu disebut warga setempat sebagai 'siklon lapis'. Siklon pertama ialah Siklon Lam yang melanda wilayah Northern Territory. Selang beberapa jam dengan berjarak 2.500 kilometer, siklon kedua yang dinamai Siklon Marcia menerjang kota-kota kecil di sepanjang pantai timur Queensland dengan kecepatan angin mencapai 285 kilometer per jam.

"Selama beberapa jam, ribuan warga Queensland akan merasakan siklon dahsyat. Saya minta seluruh warga selalu waspada dan bersiap menghadapi siklon," kata Premier (kepala negara bagian) Queensland Annastacia Palaszczuk.

Siklon dirasakan paling parah di Kota Yeppoon, Queensland, berjarak sekitar 700 kilometer arah utara Brisbane, dengan populasi 30 ribu warga. Lebih dari 100 sekolah ditutup dan hampir 900 warga di area rendah diperintahkan untuk mengevakuasi diri.

Siklon itu kemudian melemah seiring pergerakannya ke arah selatan, menuju Kota Rockhampton yang berpopulasi sekitar 80 ribu warga.

Menurut Palaszczuk, laporan sementara yang dia terima menyebut bahwa dampak siklon rupanya 'cukup melegakan'. Meski kerusakan terjadi di rumah-rumah, tidak ada cedera atau korban jiwa dilaporkan. (AP)


Baca Juga

AFP

Aksi Protes Meluas, Polisi Moralitas di Iran Dikabarkan Bubar

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:16 WIB
Aksi protes selama lebih dari dua bulan dipicu kematian Mahsa Amini, seorang perempuan Iran yang meninggal setelah ditangkap aparat...
ATTA KENARE / AFP

Aktivis Iran Tepis Klaim Polisi Moralitas Dihapus

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:54 WIB
Ada juga seruan di media sosial untuk pemogokan tiga hari, lebih dari dua bulan setelah gelombang kerusuhan sipil yang dipicu oleh kematian...
Ist

Penjualan Senjata Global Meningkat selama 7 Tahun

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 05 Desember 2022, 18:34 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 juga meningkatkan tantangan rantai pasokan bagi perusahaan senjata di seluruh dunia, kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya