Sabtu 21 Februari 2015, 00:00 WIB

Tonton Acara Kesukaanmu

Rizky Noor Alam | Humaniora
Tonton Acara Kesukaanmu

dok. HBO

 
SIBUK dengan pekerjaan, hingga ketinggalan tayangan kesukaan Anda? Atau ada film yang ditunggu-tunggu di saluran kesukaan Anda, tapi Anda tidak bisa berada di rumah? Sekarang tidak khawatir, sejumlah aplikasi dan situs siap membantu Anda.

Sejumlah aplikasi yang tersedia di ponsel pintar atau tablet dapat membantu Anda. Misalnya, aplikasi Fox Movie Play atau HBO Go yang bisa diunduh secara gratis di Googple App Store dan Itunes.

Untuk mengunduh Fox Movie Play, Anda harus memiliki perangkat dengan sistem operasi Android 4.0 atau ice cream sandwich. Setelah mengunduh data sebesar 21 MB, Anda dihadapkan dengan pilihan lokasi Anda berada. Setelah memilih lokasi, secara program Fox Movie bisa digunakan. Anda bisa memilih beberapa kategori film, seperti what\'s hot, film keluarga, aksi, atau drama. Sejumlah pilihan film tersedia untuk Anda saksikan.

Ketika Anda mengklik salah satu judul film, akan tersedia sinopsis, trailer, dan film tersebut. Tinggal klik film dan selamat menyaksikan.

Hal yang sama juga berlaku untuk HBO Go, namun perangkat Anda harus memiliki sistem operasi Android 2.3 atau gingerbread. Sayangnya harus memiliki langgananan televisi berbayar untuk menikmatinya secara gratis.

Di samping itu ada aplikasi Mivo yang memungkinkan Anda menikmati 30 saluran televisi lokal dan internasional. Tidak hanya menonton streaming televisi gratis, tapi juga dilengkapi fitur berbagi di media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Selain itu tersedia IMDb Movies & TV. Aplikasi ini tergolong yang sangat populer dan lebih dari 50 juta orang telah mengunduhnya. Tidak semata saluran televisi, tapi juga film dan TV show yang dapat dinikmati secara gratis. Ada juga SPB TV yang menyediakan layanan 200 saluran televisi dari seluruh dunia.

Semua aplikasi itu bisa digunakan dengan jaringan internet minimal 3G atau menggunakan jaringan Wi-Fi, LTE, atau WiMAX yang stabil dan kuota datanya besar untuk menikmati siaran dengan lancar.

Streaming
Bila tidak puas menyaksikan di gawai Anda, sejumlah situs bisa Anda pilih untuk disaksikan di laptop atau personal computer (PC). Seperti situs www.tvonlineindonesia.net yang menyediakan 16 stasiun televisi nasional. Tayangan itu bisa disaksikan secara real time layaknya televisi konvensional di rumah.

Sayangnya kualitas gambar kurang baik. Pasalnya, gambar terlihat kurang jernih dan potongan piksel kerap patah-patah. Bila Anda tidak mempermasalahkan gambar, maka situs ini dinilai memuaskan.

Situs streaming tersebut hanya bisa dinikmati melalui perangkat laptop atau PC, karena saat penulis mencobanya diperangkat berbasis Android (4.4/KitKat) maupun BlackBerry 10 tayangan streaming yang diinginkan tidak dapat ditampilkan.

Bagi pecinta sepak bola, situs ini sangat membantu. Jadwal pertandingan klub sepak bola dan liga yang ditawarkan cukup lengkap. Mulai dari La Liga Spanyol, Liga Premier Inggris, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman.

Bagi pecinta drama Asia, seperti drama Korea, Jepang, dan Taiwan coba situs www.viki.com/tv. Anda tidak perlu lagi menunggu acara favorit Anda masuk dan ditayangkan di dalam negeri, atau membuang waktu untuk mengunduh acara-acara favorit tersebut. Tidak hanya drama asal tiga negara itu, tapi juga drama asal Singapura dan telenovela Venezuela juga tersedia.

Tidak semata drama berdasarkan negara sasl, ada juga kategori berdasarkan genre. Tersedia 22 genre acara, seperti komedi, drama, horor, dokumenter, aksi, dan kartun.

Kekuranganya hanya satu,banyak iklan yang bermunculan. Namun, bila Anda memperbaharui satus dengan Viki Pass akan dikenai biaya US$3,99 per bulan (sekitar Rp45 ribu).

Bagi pecinta olahraga, coba situs www.rojadirecta.me untuk menyaksikan pertandingan seperti sepak bola, tenis, balap sepeda, dan hoki dan menyediakan jadwal pertandingan. Jika ingin menonton pertandingan yang lebih spesifik, bisa mencari di kolom search.

Guna menyaksikan pertandingan, Anda harus siap 30 menit sebelum pertandingan. Hal itu ditujukan agar penyedia layanan mengetahui kualitas dan kestabilan jaringan internet yang Anda gunakan.

Memang saat ini layanan streaming gratis sangat banyak. Tapi, legalitas situs juga menjadi pertanyaan.

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail Cawidu mengungkapkan sebenarnya situs-situs streaming tv daring sah. Pasalnya dalam mengajukan izin pembukaan situs, pastinya pemilik situs sudah melewati berbagai persyaratan dan mekanisme tertentu sehingga situsnya bisa lahir.

\"Jadi untuk situs apa pun sebenarnya tidak ada masalah. Mereka kan dalam pengajuan pembuatan situs pasti sudah memenuhi berbagai persyaratan yang sudah menjadi aturan kita,\" jelas Ismail saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (18/2).

Namun yang menjadi masalah ialah isi konten. \"Yang bisa menimbulkan persoalan nantinya itu adalah masalah konten. Kalau isi situsnya positif, tidak jadi masalah. Tapi kalau mengandung pornografi, SARA, atau mencemarkan nama baik maka bisa ditindak secara hukum,\" imbuhnya.

Terkait masalah hak cipta, menurut Ismail hal tersebut harus diadukan pihak yang merasa dirugikan, dan untuk masalah hak cipta sendiri ada mekanismenya sendiri yang diatur Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Baca Juga

ANTARA/Muhamad Ibnu Chazar

YKMI: SK Menkes Belum Sepenuhnya Jalankan Putusan MA

👤Humaniora 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:00 WIB
50 persen vaksin halal dan 50 persen vaksin haram, sangat tidak proporsional, karena mayoritas pengguna vaksin itu umat Islam yang...
Istimewa Kementan

UGM Digandeng Pemkab Pamekasan Kembangkan Peternakan Berbasis Pesantren

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:45 WIB
Sebagai upaya memajukan ekonomi dan mendidik santri terampil...
ANTARA/ARNAS PADDA

Kemenag dan Kemenkes Latih Petugas Haji Embarkasi Makassar

👤Humaniora 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:15 WIB
Para calon jemaah haji embarkasi Makassar berasal dari 8 Provinsi di Indonesia Timur, yakni Sulsel, Sultra, Sulbar, Gorontalo, Maluku,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya