Selasa 17 Januari 2023, 23:25 WIB

Kominfo Blokir 7 Situs dan 5 Grup Facebook Jual Beli Organ Tubuh

Faustinus Nua | Humaniora
Kominfo Blokir 7 Situs dan 5 Grup Facebook Jual Beli Organ Tubuh

Medcom
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bergerak cepat dalam memblokir situs-situs berbahaya. Teranyar, Kominfo memblokir 7 situs internet dan 5 grup Facebook terkait jual beli organ tubuh manusia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong, mengatakan bahwa adanya kasus pembunuhan bocah di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk diambil organ tubuh, Kominfo langsung bergerak cepat melakukan penelusuran di internet.

Dari penelusuran tersebut, lanjut Usman, Kominfo menemukan 4 situs dan 5 grup Facebook yang terkait jual beli organ tubuh. Bersamaan dengan itu, juga ada laporan atau permintaan dari Mabes Polri untuk memblokir 3 situs lainnya.

"Kominfo secara mandiri langsung menelusuri situs-situs jual beli organ itu lewat media di internet melakukan surveilans, penelusuran," ujarnya kepada Media Indonesia di Jakarta, Selasa (17/1).


Baca juga: Dewan Pers: Media Online Paling Banyak Lakukan Pelanggaran


Berdasarkan laporan Mabes Polri pada Kamis (12/1), Kominfo memblokir 3 situs berbahaya. Kemudian ditambah 4 situs dan 5 grup Facebook pun langsung diblokir.

"Dari hasil penelusuran kita kemudian menemukan 4 situs lainnya. Dan kita juga menemukan dari hasil penelusuran kita 5 grup Facebook. Kita kemudian memblokir semuanya," terangnya.

Usman menegaskan bahwa Kominfo bergerak cepat dalam menangani permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat di ruang digital. Kominfo bekerja sama dengan pihak lainnya seperti Mabes Polri serta masyarakat umum agar efektif memblokir berbagai situs berbahaya.

"Jadi kita mendapat laporan dari Mabes Polri dan kita juga melakukan penelusuran secara mandiri," tandasnya. (OL-16)

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya