Jumat 11 November 2022, 17:12 WIB

Wapres: Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19 Jelang Nataru

Indriyani Astuti | Humaniora
Wapres: Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19 Jelang Nataru

Antara
Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan sambutan.

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa pemerintah akan mencermati perkembangan kenaikan kasus covid-19 setelah libur Natal dan Tahun Baru. Serta, dampak dari subvarian Omikron XBB yang mulai masuk ke Indonesia.

Hingga saat ini, pemerintah belum menurunkan status pandemi covid-19 ke endemi. Namun, masyarakat diminta mewaspadai kemunculan subvarian baru covid-19.

"Kita masih memberlakukan tingkat level I (PPKM) di berbagai daerah. Artinya, kita masih tetap mewaspadai, kalau ada kenaikan kita akan mengevaluasi lagi," ujar Ma'ruf, Jumat (11/11).

Baca juga: Infeksi Covid-19 Berulang Tingkatkan Risiko Gangguan Kesehatan

Lebih lanjut, dia mengatakan pergerakan masyarakat diperkirakan meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru. Meski sejauh ini belum ada kebijakan khusus, pemerinta akan mencermati seberapa tinggi dampak kenaikan kasus yang diakibatkan subvarian Omikron XBB. 

Kendati demikian, pihaknya menilai gejala yang ditunjukkan subvarian baru masih tergolong ringan. Apabila diperlukan, tidak menutup kemungkinan pemerintah melakukan evaluasi kebijakan PPKM.

Baca juga: Kasus Kematian Covid-19 Kembali Naik, Epidemiolog: Gencarkan Vaksin Booster

"Pemerintah akan mengevaluasi kenaikan kasus covid-19 dan bahayanya dari varian baru ini. Belum diambil langkah khusus, kita akan koordinasi lagi," pungkas Ma'ruf.

Untuk mengantisipasi penyebaran kasus covid-19, pihaknya mengimbau masyarakat segera melengkapi dosis vaksinasi covid-19. Termasuk, memperkuat imunitas dengan vaksin dosis booster.

"Semua sudah mendengar bahwa ada kenaikan (kasus covid-19). Ternyata, banyak yang meninggal dan belum divaksin booster," tutupnya.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Ramdani

Komisi X DPR RI Minta Perpusnas Tingkatkan Unsur Literasi Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:30 WIB
Ia menyatakan Indeks Literasi Masyarakat yang disusun Perpusnas dapat menjadi landasan kebijakan literasi...
Dok. DPR RI

Anggota DPR Dorong Pabrik Semen Indarung dan PLTA Rasak Bungo Jadi Warisan BUdaya UNESCO

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:00 WIB
Menurut Rieke, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar...
Ist

Mydoremi Ajak Anak Indonesia Berkreasi di Dunia Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 06:46 WIB
Mydoremi Co-founder, Cisca Chang, menyatakan bahwa Mydoremi membuat kegiatan pembelajaran yang fun (edutainment) melalui Mydoremi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya