Jumat 10 Juli 2015, 00:00 WIB

Wujudkan Kulit Cantik saat Idul Fitri

*/H-5 | Humaniora
Wujudkan Kulit Cantik saat Idul Fitri

THINKSTOCK

 
PUASA saat Ramadan sering membuat asupan air menjadi berkurang.

Hal itu tidak dibenarkan mengingat tubuh manusia berdasarkan angka kebutuhan gizi (AKG) membutuhkan asupan air 1.200 hingga 1.500cc per harinya.

Kekurangan asupan air putih dapat berdampak pada dehidrasi, masalah pencernaan, radang sendi, sakit kepala, detak jantung tidak beraturan, mengganggu fungsi otak, masalah pada ginjal, serta memburuknya kondisi kulit.

Dokter spesialis kesehatan kulit Sari Chairunnisa mengimbau untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi pada saat puasa agar kulit tetap sehat saat Idul Fitri.

"Selama puasa, makanan yang kita makan harus bergizi karena pada saat puasa kita hanya meminum sedikit air. Makanlah makanan yang berserat, seperti buah dan sayur agar kulit kita tidak kering dan terlihat kusam," kata dia saat ditemui seusai memberi ceramah kesehatan di Jakarta Selatan, Sabtu (4/7).

Dehidrasi kulit memang bisa diatasi dengan pemakaian pelembap dan krim. Namun, sebaiknya perawatan itu rutin dilakukan.

"Untuk jenis kulit yang sangat kering, pelembap bisa dipakai beberapa kali sehari ketika dirasa kulit sudah mulai kering," jelasnya.

Untuk menjaganya agar tetap sehat serta cerah, kulit juga perlu diremajakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya degan sel-sel yang baru sehingga kulit selalu terlihat cerah.

"Untuk menjaga kulit tetap sehat, perlu dilakukan skin rejuvenation (peremajaan kulit). Peremajaan kulit merupakan suatu prosedur untuk mencegah, menghambat, atau memperbaiki kulit yang sudah mulai berubah akibat bertambahnya usia dan mengembalikan ke keadaan kulit saat usia masih muda."

"Jenis kulit, kebutuhan, kesehatan, serta keluhan pada kulit setiap orang tentu berbeda sehingga tidak bisa diberikan perawatan yang sama pada semua orang. Diperlukan konsep individualized therapy yang memperhatikan kondisi umum, kesehatan, dan kebutuhan kulit individu yang berbeda-beda," kata dia.

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

PAPDI Imbau Masyarakat Jangan Ragu untuk Vaksin Booster

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:27 WIB
Prof.Samsuridjal  mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu dan takut dalam menjalani vaksinasi booster sesuai dengan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

PAPDI Minta Warga tidak Ragu dan Takut Dapatkan Dosis Booster Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
PAPDI juga meminta semua bidang dan sektor yang terlibat dalam program vaksinasi covid-19 juga turut memantau efektifitas dan keamanan...
Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya