Jumat 16 September 2022, 21:09 WIB

Punya Milia di Wajah? Ini Cara Menghilangkan Secara Alami

Meilani Teniwut | Humaniora
Punya Milia di Wajah? Ini Cara Menghilangkan Secara Alami

medcom.id/pexels
Ilustrasi mendapat paparan sinar matahari yang lama bisa menyebabkan timbulnya milia

 

MILIA merupakan benjolan kecil berwarna putih yang umumnya tumbuh di bagian wajah, seperti hidung, pipi dan di bawah mata. Milia bisa dialami oleh siapa saja, tetapi paling sering dialami oleh bayi yang baru lahir.

Milia umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu diobati karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus, milia dapat cukup mengganggu dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Pada kondisi tersebut perlu dilakukan tindakan untuk menghilangkannya.

Miliaria merupakan ruam kemerahan di kulit yang dapat terasa gatal atau perih. Hal ini berbeda dengan milia. Istilah milia digunakan jika benjolan putih kecil tumbuh secara berkelompok. Bila hanya ada satu benjolan, kondisi ini disebut milium.

1. Pengertian Milia 

Milia adalah penyakit kulit di mana timbul kelompok bintik-bintik putih kecil. Kondisi ini sering muncul pada hidung dan pipi. Penyakit kulit milia kerap terjadi pada bayi baru lahir. Milia pada bayi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Sedangkan pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, biasanya akan hilang dalam jangka waktu lama hingga beberapa bulan.

2. Penyebab Milia

Penyebab Milia terbentuk ketika sel kulit mati atau protein yang bernama keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Belum diketahui secara pasti mengapa milia tumbuh pada bayi baru lahir. Namun, pada orang dewasa, munculnya milia berkaitan dengan kerusakan di kulit, seperti:

- Luka lepuh akibat kondisi atau penyakit tertentu, seperti epidermolisis bulosa, cicatricial pemphigoid, atau porphyria cutanea tarda

- Luka lepuh akibat paparan tanaman beracun, seperti poison ivy

- Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama atau akibat luka bakar

Baca juga: Penting, Menjaga Kulit di Musim Pancaroba agar Tetap Sehat

- Penggunaan krim kortikosteroid dalam jangka panjang

- Perawatan kulit dengan prosedur tertentu, seperti dermabrasi atau laser resurfacing

3. Cara menghilangkan milia

1. Eksfoliasi Wajah

Melakukan eksfoliasi wajah bisa membantu menghambat penyebaran milia. Karena melakukan eksfoliasi bisa membantu membersihkan wajah hingga pori-pori terdalam. Mengeksfoliasi wajah bisa membantu membersihkan minyak, sisa riasan, debu atau kotoran, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo dan mencegah timbulnya jerawat. Cara menghilangkan milia dengan eksfoliasi wajah dapat dilakukan seminggu 2 kali pada malam hari.

2. Gunakan Pelembap

Milia dapat diatasi menggunakan pelembap wajah. Pelembap memiliki fungsi untuk mengontrol minyak berlebih, melembabkan kulit, menutrisi kulit wajah dan membantu mencerahkan wajah. Pelembap yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan merawat milia, yaitu pelembap yang memiliki tekstur ringan, mudah menyerap, non comedogenic dan memiliki kandungan hyaluronic acid.

3. Menggunakan Sunscreen

Terakhir, gunakan sunscreen untuk mengatasi munculnya milia di kulit. Gunakan sunscreen mineral atau sunscreen chemical dengan SPF minimal 30. Sunscreen yang baik digunakan adalah sunscreen yang tidak terlalu banyak mengandung minyak, tidak mengandung alkohol, tidak mengandung parfum, dan non comedogenic, teksturnya berupa krim atau lotion.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Ramdani

IDI: Penentuan Status Endemi Jangan Terburu-buru

👤Ant 🕔Senin 26 September 2022, 22:29 WIB
Menurut Adib, terdapat sejumlah indikator yang harus menjadi dasar untuk dipenuhi menjadi...
DOK Youtube.

Para Ulama Sepakat Roh itu Makhluk atau Diciptakan Allah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 22:04 WIB
Sejumlah orang berpendapat bahwa ruh atau roh dalam bahasa Indonesia bukanlah makhluk atau yang diciptakan. Pendapat tersebut dibantah...
Antara

17.097 Orang Divaksin Kedua Hari Ini

👤MGN 🕔Senin 26 September 2022, 21:58 WIB
Total 171.094.922 orang telah menerima vaksin lengkap per Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya