Senin 11 Juli 2022, 18:08 WIB

Persi Harap Kenaikan Tarif INA-CBG's Bisa Capai 20%

Atalya Puspa | Humaniora
Persi Harap Kenaikan Tarif INA-CBG

Antara
Personel tenaga kesehatan TNI AD merapikan kasur ruangan rawat inap di rumah sakit.

 

PEMERINTAH berencana menaikkan tarif Indonesian Case Base Groups (INA-CBG's), seiring dengan adanya aturan kelas rawat inap standar (KRIS) untuk pasien BPJS Kesehatan. 

Menanggapi hal itu, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) menyatakan dukungan terhadap langkah pemerintah. Pasalnya, tarif INA-CBG's sudah terlalu lama tidak direvisi.

"Persi mendukung revisi kenaikan tarif INA-CBG's. Sebagian besar harus dinaikkan. Kami melihat index unit cost klaimnya harus naik. Berharap naik 20%," ujar Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan Persi Daniel Wibowo saat dihubungi, Senin (11/7).

Baca juga: BPJS Kesehatan Pastikan Uji Coba KRIS tidak Ganggu Layanan Kesehatan

Diketahui, INA-CBG's merupakan acuan yang digunakan untuk menentukan rata-rata biaya yang dihabiskan pasien saat berobat ke fasilitas kesehatan. INA-CBG's juga menjadi acuan bagi BPJS Kesehatan untuk membayarkan biaya layanan pasien kepada fasilitas kesehatan.

"Sampai saat ini, dalam proses penerapan tarifnya, kami tidak dilibatkan langsung. Tapi dalam kebijakannya, kami diundang Kemenkes, tapi tidak membahas besarannya,"imbuh Daniel.

Baca juga: Kemenkes Bakal Cabut Izin Lab yang tidak Masukan Hasil Tes Covid-19 ke Sistem

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pihaknya tengah membahas mengenai revisi tarif INA-CBG's. Hal itu urgen dilakukan, karena revisi tarif INA-CBG's terakhir dilakukan pada 2016.

Pihaknya mengaku telah melakukan perhitungan dengan aktuaris. Lalu, didapatkan bahwa arus modal BPJS Kesehatan masih dalam kategori aman dan tidak terjadi defisit apabila terjadi penyesuaian.

"Kami mempertimbangkan, adanya tambahan baru ini tidak mengganggu stabilitasi dari pembiayaan BPJS Kesehatan. Untuk peserta, penyesuaian ini akan memberikan akses yang lebih adil, lebih bijak dan lebih dini intervensinya," jelas Budi.(OL-11)

Baca Juga

dok.humas UGM

Mahasiswa UGM Raih Juara 1 IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:57 WIB
TIM Reactics Chem-E Car, Reactic Janaka UGM juara pertama pada perlombaan IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022, di...
ANTARA/Agha Yuninda

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:43 WIB
Safrizal mengatakan penetapan level 1 di semua daerah berdasarkan pertimbangan para pakar. Kemudian mempertimbangkan kondisi faktual di...
Dok. ITB

Harapan Orangtua dan Guru

👤Riama M Sihombing/M-1 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:40 WIB
ADANYA buku taktil 3D Printing mendapat sambutan positif. Orangtua dari anak-anak tunanetra yang berada di Low Vision Center menyambut baik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya