Senin 04 Juli 2022, 19:36 WIB

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur, dan Contoh

Miskah Syifa Putri | Humaniora
Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur, dan Contoh

Antara/Ahmad Subaidi.
Ilustrasi.

 

SAAT kita belajar bahasa Indonesia di sekolah, kita pasti akan menemui teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memuat tentang penjelasan secara umum atau bisa juga untuk melaporkan sesuatu berdasarkan yang diperoleh dari hasil pengamatan. 

Berikut pembahasan mengenai teks laporan hasil observasi.

Pengertian teks laporan hasil observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Jadi, pengamatan atau biasa disebut observasi itu dilakukan oleh si pengamat dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada.

Informasi itu bisa meliputi objek tentang keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, peristiwa, kesenian, dan kebudayaan. Adapun teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Hal itu berarti isi teks laporan hasil observasi tersebut harus memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Setiap informasi yang didapat juga harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Struktur teks laporan hasil observasi

Berikut struktur teks laporan hasil observasi yang perlu diketahui.

1. Judul

Bagian pertama dari teks laporan hasil observasi ialah judul. Judul biasanya terletak di bagian depan sebelum paragraf awal. Judul biasa dapat menjadi ciri khas yang mengandung tentang informasi secara keseluruhan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.

2. Pernyataan Umum

Bagian kedua dari teks laporan hasil observasi ialah klasifikasi umum. Klasifikasi umum memuat garis besar dari fenomena benda yang sedang dibicarakan. Dalam teks laporan observasi, klasifikasi umum memiliki tugas untuk mengenalkan berbagai informasi yang akan disajikan kepada pembaca.

3. Deskripsi Bagian

Bagian yang ketiga dari teks laporan hasil observasi ialah deskripsi bagian. Deskripsi bagian biasanya memuat berbagai gambaran tentang benda atau fenomena yang sedang dilakukan observasi. Sebagai contoh, apabila sedang meneliti tumbuhan, informasi yang disajikan harus mampu mengenalkan tentang fisik bunga, akar, buah, dan data dari orang lain.

4. Deskripsi Manfaat

Bagian yang keempat dari teks laporan hasil observasi ialah deskripsi bagian atau manfaat dari laporan yang ditulis. Deskripsi manfaat berisi tentang berbagai segi manfaat sekaligus beberapa sifat khusus dari objek yang dilaporkan. Pada deskripsi manfaat, biasanya penulis juga menyajikan suatu simpulan yang mewakili seluruh informasi dari teks laporan hasil observasi.

Contoh teks laporan hasil observasi

Biota Laut

Pernyataan Umum

Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan yang sangat berlimpah. Biota laut di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.

Deskripsi Bagian

Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Nasional Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, dan goropa. Ikan lain di laut indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, dan baronang.

Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakau. Rumput laut di sini sangat beragam bentuknya, ada yang bulat seperti tabung, pipih dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut. Semua dapat hidup karena perawatannya dipantau secara berkala untuk melihat perkembangannya.

Baca juga: Teks Eksposisi: Unsur Utama, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh

Deskripsi Manfaat

Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung gizi. Terumbu karang juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Manado. Keragaman biota ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

Demikian, penjelasan tentang pengertian teks laporan hasil observasi, mulai dari tujuan ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, hingga contohnya. Sebelum memulai melakukan pengamatan, ada baiknya dilakukan secara berkelompok. Hal ini dapat memudahkan pengamatan sekaligus mencegah kekeliruan pada saat melakukan pengamatan. 

Semoga artikel ini cukup jelas sehingga mudah untuk dipahami dan mampu menjawab rasa ingin tahu tentang teks laporan hasil observasi. Itulah pembahasan-pembahasan tentang teks laporan hasil observasi, semoga bermanfaat! (OL-14)

Baca Juga

DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...
Antara

Masta, Masakan Sehat Atasi Stunting dari Garut

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kabupaten Garut menjadi daerah dengan prevalensi stunting tertinggi se-Jawa...
Antara

170,6 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:40 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 14.732 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya