Senin 04 Juli 2022, 18:46 WIB

Presiden Instruksikan Evaluasi Kebijakan PPKM

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Instruksikan Evaluasi Kebijakan PPKM

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan jajaran menterinya untuk mengevaluasi kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring kembali meningginya kasus harian covid-19.

Instruksi tersebut ia sampaikan saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/7). "Kita akan mengevaluasi kebijakan PPKM yang kita tahu per 3 Juli kemarin ada tambahan 1.614 kasus," ujar Jokowi.

Langkah antisipasi, sambungnya, harus segera dilakukan mengingat puncak penyebaran kasus pascalebaran diprediksi akan terjadi pada pekan kedua dan ketiga Juli.

Kepala negara pun meminta jajarannya untuk memperketat kembali pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat. Penggunaan masker harus tetap diterapkan ketika berada di ruang publik tertutup.

Baca juga: MUI Haramkan Vaksin Covid-19 Covovaxmirnaty Buatan India

Percepatan vaksinasi covid-19 terutama dosis penguat atau booster juga menjadi perhatian utama Jokowi. "Saya minta Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI, dan BNPB mendorong terus agar vaksinasi booster bisa dilakukan terutama di kota-kota yg memiliki interaksi antarmasyarakat tinggi," tegas mantan wali kota Solo itu.

Adapun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jika kondisi kesehatan masyarakat pada pertengahan Juli hingga September tetap terjaga, Indonesia bisa dipastikan menjadi salah satu negara yang bisa menangani pandemi dengan baik.

"Kalau kita bisa melewati Juli, Agustus, September, kita terbukti jauh lebih baik dibandingkan negara-negara lain. Kita akan menjadi salah satu negara di dunia yang benar-benar bisa menangani pandemi sehingga tidak terjadi lonjakan berikutnya," ucap Budi. (OL-4)

Baca Juga

DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...
Antara

Masta, Masakan Sehat Atasi Stunting dari Garut

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kabupaten Garut menjadi daerah dengan prevalensi stunting tertinggi se-Jawa...
Antara

170,6 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:40 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 14.732 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya