Rabu 08 Juni 2016, 06:50 WIB

1967: Insiden USS Liberty

Administrator | Humaniora
1967: Insiden USS Liberty

Wikipedia

 

INSIDEN USS Liberty merupakan penyerangan ke sebuah kapal intelijen AS dalam perairan internasional sekitar 23 kilometer dari pesisir Semenanjung Sinai oleh pesawat tempur dan torpedo milik Israel.

Serangan tersebut berlangsung bersamaan dengan Perang Enam Hari, yakni konflik antara Israel dan negara-negara Arab (Mesir, Yordania, dan Suriah). Serangan Israel kemudian menewaskan 34 orang dan melukai 173 orang. Serangan itu ialah serangan mematikan terhadap kapal perang AS sejak berakhirnya PD II.

Sebelumnya, kapal perang AS pernah dibombardir Irak pada 17 Mei 1987 dan diumumkan sebagai kehilangan terbesar oleh komunitas intelijen AS. Pihak Israel dan AS kemudian mengatakan serangan itu merupakan sebuah kesalahan karena identitas USS Liberty masih dianggap membingungkan Israel.

Kesimpulan itu kemudian dipertentangkan banyak pihak, terutama mereka yang berhasil bertahan hidup dari serangan itu dan juga dari pejabat tinggi AS, seperti Menteri Luar Negeri Dean Rusk.

Kendati kasus itu sudah ditutup secara resmi demi hubungan kedua negara pada 17 Desember 1987, hal itu tetap kontroversial dalam diskusi publik. Israel akhirnya menyerahkan dana hampir US$13 juta kepada AS dan juga sebagai kompensasi bagi banyak keluarga yang menjadi korban serangan.


(History | BBC | Dok.mi)

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya