Selasa 26 April 2022, 12:30 WIB

BPJS Kesehatan Buka Layanan Kesehatan Gratis di Posko Mudik Terminal Pulogebang

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BPJS Kesehatan Buka Layanan Kesehatan Gratis di Posko Mudik Terminal Pulogebang

MI/M IRFAN
Sejumlah calon penumpang menunggu keberangkatan Bus Antar Kota Antar Provinsi di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (24/4/2022)

 

UNTUK pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, pemerintah akhirnya kembali memperbolehkan masyarakat mudik ke kampung halaman. Guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran dengan aman dan nyaman.

BPJS Kesehatan pun menghadirkan Posko Mudik di tujuh titik padat pemudik. Ketujuh titik tersebut yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma Km 260B Brebes, dan rest area Cipali Km 164B Majalengka.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menjelaskan bahwa Posko Mudik BPJS Kesehatan hadir mulai 26 April – 1 Mei 2022, serta tersedia pula selama arus balik mulai 4-8 Mei 2022.

Baca juga: Sukses Salurkan 90 Persen STB Kominfo Tahap 1, Kominfo Apresiasi Pos Indonesia

Baca juga: Kemendagri : Tren Kasus Covid-19 di Luar Pulau Jawa-Bali Membaik

Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

“Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi Covid-19. Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, kami menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik BPJS Kesehatan, tentu dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya,” kata Ghufron dalam kunjungan di posko mudik Terminal Pulogebang, Jakarta (26/4).

Selain itu, Ghufron menambahkan bahwa pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif. Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

“PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” sebut Ghufron.

Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengungkapkan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan yang dinilainya telah berupaya mengakomodir kebutuhan pemudik dengan membuka posko mudik di Terminal Pulogebang dan titik padat pemudik lainnya.

“Pembukaan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Pulogebang ini sangat tepat waktunya untuk menyambut puncak mudik lebaran yang diprediksi pemerintah akan berlangsung pada 28 April 2022 mendatang. Saya berharap posko ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Minimal masyarakat mendapatkan informasi serta memahami hak yang diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai peserta JKN-KIS,” pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

dok.ist

Sandiaga Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:03 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi  pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program...
ANTARA

Jenderal Dudung Perintahkan Jajaran TNI AD Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 16:51 WIB
Usai pengukuhan, Jenderal Dudung langsung memerintahkan jajaran TNI AD untuk juga menjadi Bapak Asuh Anak...
Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya