Kamis 10 Februari 2022, 18:52 WIB

Kemenkes: Nakes Yang Terpapar Omikron Sangat Sedikit

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes: Nakes Yang Terpapar Omikron Sangat Sedikit

MI/ANDRI WIDIYANTO
etugas kesehatan saat bersiap melakukan tes usap (swab test) antigen di Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) masih melakukan pemeriksaan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar covid-19 varian omikron.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir mengatakan varian omikron ini meski ada yang positif terkadang ada yang tanpa gejala sehingga terkadang seseorang yang sedang/sudah terpapar tidak terasa.

"Oleh karena itu mewajibkan kepada seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta untuk melakukan semacam skrining terhadap kepada tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit bisa dilakukan rapid tes antigen/PCR," kata Abdul dalam konferensi pers daring Update Perkembangan Covid-19 Kemenkes, Kamis (10/2).

Untuk pemeriksaan di rumah sakit di bawah Kemenkes sudah dilakukan pemeriksaan PCR kepada tenaga kesehatan ternyata yang terpapar tidak terlaku besar sekitar 30% karena yang diperiksa pun masih sedikit.

"Tetapi akhir-akhir ini yang diperiksa sudah sekitar 90% ternyata positifity rate di bawah 10%. Jadi memang ada yang terkena tapi masih di bawah 10% dan Alhamdulillah tidak ada laporan (nakes) yang meninggal karena omikron ini," ungkap Kadir.

Baca juga: Hadapi Lonjakan Covid-19 Harus Dilakukan Dengan Upaya Maksimal

Kekebalan tenaga kesehatan dari varian omikron ini tercipta karena telah melakukan vaksinasi booster sehingga imunitas terjaga, dan meskipun terinfeksi biasanya lebih ringan dan tanpa gejala.

Untuk menjaga kesehatan dari nakes Kemenkes akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Kreatif untuk menyediakan tempat hotel-hotel untuk isoman nakes.

"Sehingga nakes yang sudah melakukan tugas cukup istirahat di hotel yang sudah disiapkan dengan demikian tidak membawa virus di kendaraan umum dan rumah," ujarnya.

"Karena nakes yang terinfeksi itu ternyata tidak di rumah sakit melainkan di tempat-tempat umum di mall, fasum, mall, dan lainnya," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

82,59% Remaja Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:42 WIB
Sebanyak 25.520.583 remaja telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 95,56 persen dari...
Ist

Rumah Sakit Premier Jatinegara Raih The Best Indonesia Hospital of The Year

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:12 WIB
Pada acara bertaraf internasional ini RS Premier Jatinegara berhasil meraih penghargaan dari Global Health Asia-Pacific Award 2022 kategori...
DOK MI.

Kapan Mulai Puasa Ayyamul Bidh 2022? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:26 WIB
Puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunah yang dijalankan setiap pertengahan bulan. Untuk Agustus jadwal puasa ayyamul bidh sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya