Senin 03 Januari 2022, 17:46 WIB

Vaksinasi Booster untuk Masyarakat Umum Dilaksanakan Mulai 12 Januari 

Andhika Prasetyo | Humaniora
Vaksinasi Booster untuk Masyarakat Umum Dilaksanakan Mulai 12 Januari 

Antara/Andreas Fitri Atmokko
Tenaga kesehatan memberikan vaksin booster pada relawan

 

PRESIDEN Joko Widodo memutuskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster akan dimulai pada 12 Januari mendatang. 

Keputusan tersebut disampaikan kepala negara saat memimpin rapat terbatas terkait evaluasi PPKM yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/1). 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan. 

Ia menambahkan vaksinasi dosis ketiga hanya akan dilaksanakan di kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70% untuk dosis pertama dan 60% untuk dosis kedua 

Baca juga : Tujuh Provinsi belum Penuhi Target 70% Vaksinasi Dosis Pertama

"Sampai sekarang ada 244 kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut dengan jumlah masyarakat yang sudah kami identifikasi mencapai 21 juta orang," ujar Budi usai mengikuti rapat terbatas. 

Ia juga menuturkan pemerintah telah mengamankan stok vaksin booster sekitar 113 juta dosis vaksin dari total kebutuhan sebanyak 230 juta dosis. 

Adapun, terkait jenis vaksin yang akan digunakan, itu akan diputuskan setelah muncul rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Jenis booster-nya nanti akan kita tentukan ada yang homolog atau jenisnya sama, ada yang heterolog atau jenis vaksinya berbeda. Ya mudah-mudahan nanti akan bisa segera diputuskan tanggal 10 sudah keluar rekomendasi dari ITAGI dan BPOM,” tuturnya. (OL-7)
 

Baca Juga

Dok. BPIP

Wakil Kepala BPIP Sampaikan Urgensi Pendidikan Pancasila di Hadapan Ribuan Guru Agama

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:26 WIB
"Tantangan global dan ancaman hilangnya identitas bangsa menjadikan Pendidikan Pancasila penting untuk diajarkan di semua jenjang dan...
Antara/Fanny Octavianu.

Media Indonesia Gandeng UNJ dalam Festival Bahasa dan Sastra

👤Indrastuti 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:00 WIB
Media Indonesia menggandeng Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam Festival Bahasa dan Sastra yang digelar pada 31 Oktober...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Nadiem: Jadikan Nilai Pancasila sebagai Petunjuk dan Tujuan Hidup

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:46 WIB
Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai petunjuk dan tujuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya