Jumat 05 November 2021, 09:15 WIB

Tips Menghadapi Wawancara untuk Beasiswa Sekolah di Luar Negeri

Anggi Putri Lestari | Humaniora
Tips Menghadapi Wawancara untuk Beasiswa Sekolah di Luar Negeri

Medcom
Wawancara bagi calon penerima beasiswa OSC.

 

ADA beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk bisa mendaftar program beasiswa, baik itu dari segi akademik dan juga berbagai berkas. Salah satu tahapan dari seleksi beasiswa yang harus kamu lalui adalah tahap wawancara. 

Baca juga: Kolaborasi-Reflektif Jadi Kunci Penyiapan Calon Guru Unggul 

Tahap wawancara inilah yang kerap jadi penentu apakah kamu bisa mendapatkan beasiswa atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari pertanyaan wawancara beasiswa.

Lalu, kira-kira hal apa saja yang akan ditanyakan dalam sesi tersebut? Simak penjelasannya!

1. Ceritakan tentang dirimu

Hal pertama yang pasti ditanyakan adalah mengenai dirimu sendiri. Pertanyaan ini, yang dimaksud bukanlah informasi formal dan personal seperti yang terdapat dalam resume atau CV-mu. 

Apapun pertanyaannya, kunci dari pertanyaan ini yaitu kamu harus memanfaatkan pertanyaan ini untuk menjelaskan hal-hal yang tidak kamu cantumkan dalam CV dan essay sekaligus menonjolkan keunikan diri kamu.

2. Jelaskan mengenai kelebihan dan kekuranganmu

Pertanyaan ini sering ditanya dalam wawancara beasiswa untuk melihat seberapa jauh kamu mengenali dirimu sendiri. 

Tidak ada jawaban yang benar dan salah untuk pertanyaan ini. Namun, berusahalah untuk jujur.

3. Hal yang apa yang kamu lakukan di sekolah selain belajar?

Kebanyakan program beasiswa tidak hanya mencari mahasiswa yang pintar secara akademis. Lebih dari itu, mereka menginginkan peserta yang unggul di hal nonakademis juga.

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk melihat seberapa aktif kamu dalam kegiatan ekstrakurikuler. 

Banyak program beasiswa yang lebih menyukai siswa yang aktif baik dalam komunitas tertentu maupun klub bakat dan minat. Hal ini akan memberikan gambaran kepada pewawancara tentang kepribadian dan kecenderungan kamu dalam bersosialisasi. 

4. Ceritakan tentang pencapaianmu selama di sekolah

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan untuk mengetahui pencapaian dan prestasi apa saja yang sudah kamu dapatkan selama sekolah. Hal ini adalah pertimbangan lanjutan dari pertanyaan sebelumnya mengenai kegiatan ekstrakurikuler. Namun dalam menjawabnya, kamu dapat menceritakan semua prestasi yang telah kamu capai.

5. Ceritakan tentang kegagalan atau kesalahan yang pernah kamu lakukan

Selama menempuh pendidikan dan mengikuti berbagai macam kegiatan di sekolah, kamu pasti pernah menghadapi yang namanya kegagalan. 

Pertanyaan mengenai kegagalan ini umumnya dimaksudkan untuk melihat bagaimana kamu menyikapi kegagalan atau kesalahan. 

Pewawancara juga ingin tahu apa pelajaran yang kamu dapatkan setelah melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan tersebut.  

6. Mengapa Kami Harus Memberikan Beasiswa Kepadamu?

Dalam menjawab pertanyaan wawancara beasiswa yang ini, kamu harus lebih berhati-hati. Kamu tidak bisa hanya mengandalkan prestasi akademis dan organisasi kamu. Para kandidat lainnya dalam tahap wawancara tentunya memiliki segudang prestasi yang tidak kalah hebat denganmu.

Jadi, kamu bisa mengakui kalau peserta lain memang sama hebatnya. Tapi, lanjutkan dengan bercerita mengenai hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi di universitas atau institusi penyelenggara beasiswa.

Kamu juga bisa menceritakan pengalaman nonakademis lainnya yang kamu miliki seperti kegiatan wirausaha atau relawan.

7. Setelah Dapat Beasiswa dan Lulus, Apa Yang Akan Kamu Lakukan?

Pewawancara sebenarnya ingin mengetahui apa kontribusi yang akan kamu berikan kepada lingkungan di sekitarmu. Misalnya, apa yang akan kamu berikan ke masyarakat dan negara, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus, dan bagaimana cara kamu dapat membuat kontribusi tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus sangat jelas dan merencanakan dengan matang kontribusi masa depan kamu sesuai bidang studi yang kamu dalami dan visi lembaga pemberi beasiswa. 

Selain itu, pikirkan pula langkah apa yang kamu ambil untuk merealisasikan rencana kontribusi tersebut.

8. Mengapa Ingin Melanjutkan Perguruan Tinggi Tersebut? Mengapa ingin berkuliah di Luar Negeri?

Kamu bisa menjawab pertanyaan wawancara beasiswa ini dengan mengaitkan universitas tujuanmu dengan rencana kamu untuk mengembangkan diri atau mencapai mimpi kamu, serta menjelaskan bahwa universitas tersebut dapat membantumu secara akademik di bidang yang kamu pilih.

Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu sebelum tahap wawancara mengenai universitas yang kamu pilih, pencapaian universitas, reputasi terhadap bidang yang kamu geluti, dan hal-hal spesifik lainnya. (OL-1)

Baca Juga

dok.humas BNI

BNI Salurkan Bantuan untuk Perawat dan Bidan di 17 Wilayah

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 07:55 WIB
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan di daerah - daerah yang jauh dari fasilitas...
MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya