Rabu 15 September 2021, 07:04 WIB

Apa Sih Perbedaan Hadas dan Najis? Ini Jawabannya

Anggi Putri Lestari | Humaniora
Apa Sih Perbedaan Hadas dan Najis? Ini Jawabannya

ANTARA FOTO/Lukman
Ilustrasi berwudhu

 

ISLAM menjunjung tinggi hidup bersih lantaran kebersihan merupakan sebagian dari iman. Dalam Hadits Riwayat Tirmizi disampaikan jika Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu".
 
Oleh karena itu, Islam mengarahkan cara- cara bersuci ataupun thaharah untuk membersihkan diri dari hadas serta najis. Nah, apakah hadas dan najis itu berbeda? Sebelum membahas hal tersebut, kita harus tahu lebih dulu tentang penafsiran keduanya.

Menurut buku Fiqih karya Hasbiyallah, najis adalah sesuatu yang kotor dan menjijikkan dengan tiga tingkatan. Sedangkan hadas adalah sesuatu yang hanya dapat dihilangkan dengan mandi dan bersuci. Hadas digolongkan menjadi besar dan kecil.

Sebagian ulama dan para ahli fiqih menetapkan jika buang air kecil dan besar, kentut, keluarnya mazi dan wadi dalam keadaan sehat sebagai hadas kecil. Sementara untuk hadas besar antara lain mengeluarkan mani dalam keadaan sadar maupun tidur atau umumnya disebut mimpi basah dan haid.

Setelah memahami pengertiannya, mari kita bahas perbedaan hadas dan najis dari segi hakikat dan cara penyuciannya;

1. Perbedaan dari segi hakikat

Najis dari segi hakikat ialah perkara yang zhahir dan bisa dilihat, seperti halnya air kencing, darah, dan lain sebagainya. Sementara untuk hadas ialah perkara maknawi yang ada di dalam tubuh manusia dan tidak dapat dilihat oleh panca indra.

2. Perbedaan penyuciannya

- Dilihat dari segi niat. Untuk menghilangkan hadas, dibutuhkan niat agar tubuh kembali suci dari hadas. Sementara untuk menghilangkan najis, tidak diperlukan adanya niat.

- Selanjutnya adalah air. Maksudnya, dalam menghilangkan hadas dibutuhkan air sebagai syarat menyucikan diri. Sementara menghilangkan najis tidak harus dengan air. Seperti misalnya istinja yang bisa dihilangkan dengan menggunakan batu.

- Dalam membersihkan najis, diharuskan membersihkan tempat yang bernajis hingga zat najisnya hilang. Sementara untuk hadas, cukup membersihkan anggota tubuh dengan berwudhu jika hadas kecil, serta mandi janub untuk menghilangkan hadas besar.

- Menghilangkannya berbeda-beda. Jika hadas seperti kentut, buang air kecil, buang air besar, dan sebagainya, cukup menyucikan diri dengan sekali berwudhu. Berbeda dengan menghilangkan najis. Jika terkena kotoran binatang pada bagian tangan, kaki, wajah, dan bagian anggota tubuh lainnya, maka harus membersihkannya satu persatu pada setiap bagian.

- Menghilangkan dengan tayamum. Sebagaimana yang diketahui, umat Muslim diizinkan menyucikan diri menggunakan cara tayamum, jika memang tidak memungkinkan adanya air. Begitu pula untuk hilangkan hadas, bisa menghilangkannya dengan cara tayamum. Meski menghilangkan najis tak diperbolehkan dengan cara tayamum, namun pendapat ulama Hanabilah menyebutkan menghilangkan najis juga bisa menggunakan cara yang sama dengan tayamum.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/RAISAN AL FARISI

Bangun Komunikasi dengan Anak Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 19 September 2021, 16:50 WIB
Orangtua juga harus melatih dan membiasakan anak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menerapkan pola hidup sehat di...
ANTARA/Makna Zaezar

Keluarga Garda Terdepan Pastikan Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 19 September 2021, 16:25 WIB
Gizi anak harus tercukupi untuk menjaga imunitas tubuh sehingga anak lebih tahan dan tidak mudah terpapar penyakit, termasuk...
MI/Adi Kristiadi

Kemendikbud-Ristek: Passing Grade PPPK 2021 Sudah Sesuai Standar

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 19 September 2021, 16:05 WIB
Passing grade ditetapkan Panselnas Seleksi Guru ASN 2021 dengan merujuk hasil proses pengaturan standar yang melibatkan panel ahli...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya