Kamis 15 Juli 2021, 14:24 WIB

Luhut Imbau Jangan Ada Politisasi Pandemi

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Luhut Imbau Jangan Ada Politisasi Pandemi

MI/Insi Nantika Jelita
Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar masyarakat tidak mempolitisasi perihal penanganan covid-19. Dia juga menyerukan agar semula kalangan bahu-membahu membantu yang lain dalam menangani krisis ini.

"Jangan ada dipolitisasi, please saya titip ini masalah kemanusiaan, kalau anda punya hati jangan dipolitisasi ini. Untuk semua, please kali ini kita kompak, kita titip betul untuk menjaga banyak nyawa orang," pinta Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7).

Covid-19 sendiri khususnya varian Delta dianggap musuh bersama dan berbahaya karena penularannya yang begitu cepat hingga dikatakan enam kali lebih cepat dari varian lainnya. Oleh karenanya, Luhut berpesan agar masyarakat dalam memberikan informasi atau pandangan soal covid-19 tidak bias atau menimbulkan kegaduhan karena berdampak pada persepsi publik.

Baca juga: Kendalikan Penyebaran Covid-19, Walkot Tebing Tinggi Terbitkan Instruksi Wali Kota

"Varian Delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan jadi saya mohon kita enggak usah berpolemik. Ingat varian Delta ini sangat besar penyebarannya, dia bisa 5 hingga 6 kali lebih besar penyebarannya. Kita menghadapi musuh yang berbeda," ucap Luhut.

Untuk menekan laju penularan virus tersebut, masyarakat juga diminta tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan mematuhi aturan PPKM darurat. Luhut juga mendorong masyarakat agar segera divaksinasi.

Dalam paparan data Kemenko Marves terlihat cakupan vaksinasi dosis 1 di Bali misalnya, sudah lebih dari 80%. Untuk kota-kota besar lainnya di Jawa dan Bali ditargetkan dapat mencapai 70% vaksinasi dosis 1 pada akhir Agustus.

"Respons kesehatan kita yaitu kecepatan vaksinasi itu penting. Pengalaman yang saya tahu, orang yang disuntik (vaksin) probability-nya untuk sampai pada meninggal angkanya itu sangat kecil," tandas Luhut. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Teknologi Buat Anak Muda Makin Dekat dengan Literasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:45 WIB
"Jadi (dulu) kalau mau ngerumpiin buku kesulitan. Sekarang ngomongin buku lewat direct message (DM) juga bisa, kita punya forum di...
Dok. Istimewa

Merawat Kucing Liar di Kampus

👤MI 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:20 WIB
DI luar kegiatannya mengelola akun @infovaksindiy dan bekerja di salah satu kampus di...
ANTARA

Berbagi Info Seputar Vaksin

👤Fathurrozak 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:10 WIB
SOLIDARITAS masyarakat menjadi salah satu kunci untuk di tengah pandemi covid-19, mulai saling bantu menyediakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya