Selasa 29 Juni 2021, 22:35 WIB

Dies Natalis Ke-51, IKJ Pertahankan Kreativitas di Ruang Digital

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dies Natalis Ke-51, IKJ Pertahankan Kreativitas di Ruang Digital

Dok. Pribadi
Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ Anindyo Wibowo

 

INSTITUT Kesenian Jakarta genap berusia 51 tahun pada 26 Juni lalu. Kampus yang menghasilkan  desainer, perupa, peneliti seni, aktor, animator, budayawan, musisi, penari, koreografer, skenografer, sineas, dan banyak pekerja seni lainnya itu, tetap mempertahankan kreativitas mahasiswanya di tengah pandemi Covid-19. \

Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ Anindyo Widito mengatakan, pandemi memang membuat kampus IKJ sepi dari teriakan mahasiswa teater yang berlatih, alunan nada mahasiswa musik, dan suara mesin pemotong kayu dari mahasiswa kriya kayu. Namun, kreativitas mahasiswa IKJ tetap terjaga. 

"Apakah Kawah Candradimuka tempat seniman-seniman itu digojlok sebelum berkiprah di tingkat nasional maupun internasional itu sekarang telah mati? Jawabannya adalah tidak! Sesuai dengan hukum Archimides, kreativitas akan mencari jalannya sendiri untuk tetap hidup dan berkembang,”tegas Anindyo.

Ia menegaskan, dampak Pandemi Covid 19 di IKJ tidak membuat IKJ kehilangan aktivitasnya. Justru dengan adanya pandemik tersebut, membuka ruang-ruang baru yang dapat dieksplorasi tanpa batas.

“Terbukanya ruang-ruang dan ekosistem baru melahirkan diskursus, pemikiran dan proses kreatif yang baru, terutama dari sisi akademik,”tukasnya.

Kini, salah satu solusi adalah penjelajahan tak terbatas di ruang virtual. Semua itu juga memungkinkan adaptasi yang baik dengan program pemerintah, yaitu Merdeka Belajar -Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga : Lembaga Kursus dan Pelatihan Alternatif Tingkatkan Kompetensi

“Bahkan, jauh sebelum program MBKM diluncurkan, IKJ sudah melakukan pembelajaran lintas Program Studi dan Fakultas,” kata Anindyo.

IKJ berdiri pada 26 Juni 1970. Semula perguruan tinggi kesenian ini bernama Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta. Gagasan awal pendirian lembaga  pendidikan  datang dari beberapa seniman dan budayawan yang berfikir tentang pentingnya wadah pendidikan untuk menghasilkan seniman dalam membangun peradaban kota. 

Gagasan itu kemudian mendapat legitimasi dari dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), sebuah lembaga independen yang dibentuk oleh para seniman pada tahun 1968. Pada awalnya tenaga pengajar berasal dari seniman yang berdomisili di Jakarta dan luar Jakarta  (Bandung, Yogyakarta dan Sumatra Barat).

Sejalan dengan perubahan dan dinamika kebijakan dalam bidang pendidikan, maka terdapat perubahan nama dari LPKJ menjadi menjadi Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Di tengah gelombang revolusi 5.0, eksistensi FSR IKJ teruji dari berbagai arah. Sebagai institusi pendidikan berbasis keterampilan, tentu menyelenggarakan sistem pendidikan berbasis digital tanpa tatap muka merupakan tantangan tersendiri. (RO/OL-7)

Baca Juga

Istimewa

Duh, Malas Gerak Selama Pandemi Bisa Kena Osteoporosis

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 17:10 WIB
Kurangnya aktivitas fisik hingga kebiasaan makan yang tidak sehat menjadi faktor risiko yang besar untuk seseorang mengalami...
Unair

Tim ASTRO Universitas Airlangga Juara 3 Kontes Robot Indonesia

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 16:35 WIB
Tim ASTRO UNAIR pada gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 berhasil meraih juara 3 dalam final Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia...
AFP/Oli Scarff.

Lonjakan Kasus di Inggris Jadi Peringatan bagi Masyarakat Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 16:32 WIB
Berdasarkan data dari Our World Data, hingga 19 oktober 2021, cakupan vaksinasi di Inggris sudah mencapai 73,7% untuk dosis pertama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya