Kamis 28 Januari 2021, 20:10 WIB

Sandiaga: Jangan Salah Kaprah Dengan Istilah Wisata Halal

Despian Nurhidayat | Humaniora
Sandiaga: Jangan Salah Kaprah Dengan Istilah Wisata Halal

MI/Insi N Jelita
enteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

 

KONSEP wisata halal yang tengah dicanangkan pemerintai menuai pro dan kontra. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat tak terpecah belah karena salah kaprah memahami istilah tersebut.

"Saya bicara tapi dalam suatu konteks yang betul-betul mempersatukan. Jangan kita terpecah belah karena kesalahkaprahan kita terhadap terminologi," ungkapnya dalam acara Media Group News Summit Indonesia 2021 bertajuk Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry, Kamis (28/1).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan gerakan ekonomi syariah, di mana di dalamnya termasuk wisata halal.

Terkait hal ini, Sandi menjelaskan terminologi dari wisata halal adalah pariwisata yang ramah terhadap umat muslim. Misalnya, makanan yang terjamin kehalalannya.

"Kita mendengar Pak Presiden launching gerakan ekonomi syariah, salah satunya adalah pariwisata halal yang sekarang terminologinya adalah pariwisata ramah muslim. Namanya muslim friendly tourism," kata Sandi.

Baca Juga: Wapres Instruksikan Sandiaga Uno Benahi Wisata Halal

Wisata halal ini, kata Sandi, sebagai layanan tambahan atau extension of services. Kemudian dirinya bicara beberapa daerah wisata sudah memberikan banyak pelayanan untuk wisatawan muslim.

"Di Bali banyak sekali restoran-restoran yang memberikan layanan untuk wisatawan muslim, di Danau Toba juga sama, di Labuan Bajo juga banyak. Namun, karena permintaannya semakin meningkat, ini harus kita berikan fokus untuk menyesuaikan dengan permintaan tadi, yaitu rebalancing supply and demand," tuturnya.

Menurut Sandi, belakangan ini wisata religi mengalami peningkatan. Tak hanya wisata religi khusus untuk muslim. Namun, juga agama lainnya.

"Saya ketemu dengan Keuskupan Ruteng (NTT), di Ruteng ini Pak Uskup menyampaikan 'Pak Sandi jangan lupa wisata religi di Manggarai Barat Sampai ke Larantuka, kita punya 6 spot untuk retreat yang akhirnya nanti ada salib besar di Larantuka," pungkas Sandi. (OL-13)

Baca Juga: Wacana Wisata Halal Labuan Bajo Ditolak

Baca Juga: Destinasi Wisata Toraja Dukung Program Wisata Halal

Baca Juga

Antara

Update 10 Agustus: 5.926 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:22 WIB
Sementara itu, kasus aktif covid-19 bertambah 1.002 sehingga menjadi 52.043...
DOK Pribadi.

Rayakan 60 Tahun Berdiri, Hotel Indonesia Kempinski Gelar Pameran Seni

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:02 WIB
Merayakan 60 tahun berdirinya Hotel Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta kali ini mempersembahkan keelokan seni Indonesia melalui...
Dok MGN

Lampung Post Luncurkan Aplikasi One Click

👤Andi Apriadi/Muklis Efendi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:52 WIB
Transformasi itu merupakan bentuk kecintaan terhadap masyarakat dan ikut serta memajukan Provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya