Sabtu 26 Desember 2020, 15:51 WIB

Mafindo: Masyarakat Rukun Buat Hoaks Tidak Mudah Beredar

Antara | Humaniora
Mafindo: Masyarakat Rukun Buat Hoaks Tidak Mudah Beredar

Antara/Ikhwan Wahyudi
Ketua Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho (kiri) memberi penjelasan.

 

KETUA Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho mengatakan masyarakat yang rukun dan saling pengertian akan membuat berita bohong atau hoaks tidak akan mudah beredar.

Septiaji Eko Nugroho berpendapat bahwa hoaks, misinformasi, dan disinformasi hanya akan tumbuh subur di tengah ketidakpercayaan, di tengah kecurigaan, dan di tengah ketidakrukunan.

"Kalau masyarakatnya rukun, saling pengertian maka secara umum hoaks itu juga tidak akan mudah beredar," kata Septiaji dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (26/12)..

Di tengah masa pandemi Covid-19, kata Septiaji, media sosial harusnya diisi dengan konten yang menyejukkan, meneduhkan, dan mendamaikan.

Menurut dia, sangat fatal jika medsos justru digunakan untuk menyebar hoaks, provokasi, kebencian, dan memecah belah masyarakat.

Akan tetapi, pandemi yang sesungguhnya dihadapi bangsa ini adalah sebaran narasi yang dapat merusak persatuan melalui medsos.

Septiaji mengatakan bahwa media sosial adalah teknologi yang memungkinkan untuk mudah bersosialisasi dengan orang lain, dengan teman ataupun saudara.

Namun, lanjut dia, media sosial juga bisa membuat orang-orang menjadi berkelompok yang mengarah ke homogen.

"Maka, ketika sebuah kelompok menjadi sangat homogen, dia akan cenderung menjadi tidak toleran terhadap yang berbeda, baik itu suku, agama, maupun pilihan politik. Hal ini menjadi masalah ketika fanatisme itu menjadi tumbuh subur dalam kelompok-kelompok itu," tuturnya.

Oleh karena itu, menurut dia, jika ingin damai dalam bermedia sosial, tidak boleh fanatik, baik itu kepada tokoh politik maupun kepada siapa pun yang berpotensi membuat tidak toleran terhadap yang berbeda.(Ant/OL-09)

Baca Juga

duniapendidikan.co.id

Teori Maslow, Lima Tingkat Kebutuhan Dasar Manusia dan Contoh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 27 September 2022, 11:00 WIB
Maslow beranggapan bahwa kebutuhan menjadi alasan terbentuknya motivasi pada diri seorang individu untuk melakukan semua kegiatan yang...
Freepik

Ini Keluhan Umum Pasien Serangan Jantung

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 10:45 WIB
Dia menyarankan seorang dengan keluhan nyeri dada hebat, apalagi ditambah sesak napas, dan keringat dingin segera mendapatkan perawatan di...
aa.com.tr

Program Vaksinasi Diperluas untuk WNA untuk Dukung Pariwisata

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 27 September 2022, 10:41 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan vaksinasi covid-19 untuk warga negara asing...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya