Jumat 27 November 2020, 13:41 WIB

Luhut Sebut Destinasi Unggulan Indonesia kurang Promosi

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Luhut Sebut Destinasi Unggulan Indonesia kurang Promosi

MI/Susanto
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menuturkan selama ini destinasi unggulan di Indonesia kurang masif dalam mempromosikan ke negara lain.

Menurutnya, tempat pariwisata seperti Dana Toba di Sumatera Utara dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa dioptimalkan untuk menggaet wisatawan.

Baca juga: Munas MUI Hasilkan Empat Fatwa Haji dan Vaksin

"Kita kurang jual (promosi) saja. Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba itu memiliki spot yang sangat indah. Tapi, kita kurang menjual," kata Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata (DPSP) dalam kanal Youtube Kemenko.

Dia juga menuturkan, kebudayaan Indonesia kalah dengan Thailand dan komponen lainnya. Hal itu terlihat dari data yang diperlihatkan Luhut, yang menunjukkan Thailand berada diurutan ke-9 secara global, tertinggi di Asia Tengggara atau ASEAN oleh laporan US News.

"Masa kebudayaan kita kalah dengan Thailand. Tidak ada ceritanya itu. Kita harus menandingi negara kompetitor kita," ungkap Luhut.

Selain dari kategori kebudayaan, Indonesia juga kalah dengan Thailand perihal MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), lalu kategori belanja, dan kesehatan.

Selain itu, Luhut juga menyoroti soal permasalahan yang ada di sekitar kawasan destinasi. Masalah seperti infrastruktur yang belum memadai, dianggap menjadi salah satu kendala untuk memajukan destinasi di tanah air.

"Ada masalah infrastruktur lah, lalu kita kurang jual. Kita harus dorong kekompakkan. Jangan hanya bicara perbedaan saja," ucapnya.

Dalam pembangunan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), Luhut mengatakan, pemerintah juga memperhatikan faktor keamanan. Serta penerapan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi.

"Kami membuat latihan keamanan di Labuan Bajo dan nanti di tempat lain juga begitu," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Atasi Banjir di Kalsel, Perlu Peningkatan Tata Kelola Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 15:16 WIB
Tata kelola air di DAS Kalsel perlu ditingkatkan, khususnya pengelolaan dan pengawasan air limpasan yang terjadi di daerah hulu melalui...
MI/Insi Nantika Jelita

Sandiaga Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:25 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),...
Medcom.id

Rusak Hutan, Wakil Ketua DPRD Takalar Dijerat Pidana Berlapis

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:57 WIB
Penyidik menduga perbuatan tersangka HJB yaitu menebang pohon tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya