Senin 10 Agustus 2020, 21:14 WIB

Apresiasi Uhamka, Beri Beasiswa Bagi Guru Milenial

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Apresiasi Uhamka, Beri Beasiswa Bagi Guru Milenial

Ist
Ilustrasi

 

DI era industri 4.0 menjadi tantangan besar bagi kalangan pendidik, harus mampu menjadi orang terdekat bagi siswa dan memiliki jiwa tangguh dan gembira untuk menciptakan karakter anak bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan.

Dengan melihat urgensinya, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ( Uhamka) menyelenggarakan webinar dan kuis interaktif yang berjudul GeMBIRA (Generasi/ Guru-guru Milenial Berprestasi Inovatif Ramah dan Aktual) dengan tema: ”Menjadi Pendidik Tangguh dan Gembira di Era Milenial”,.di Jakarta , kemarin.

Kegiatan ini dihadiri beberapa praktisi, tokoh dan public figure yang dapat menjadi inspirasi bagi peserta.

Kegiatan ini diselenggarakan secara bertahap dan tersebar diseluruh Indonesia terbagi menjadi 3 regional. Pada regional I digelar Sabtu 8 Agustus 2020 mencakup 14 Provinsi yakni Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Kegiatan ini dibuka Rektor Uhamka. Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, yang sangat mengapresiasi kegiatan ini menjadi pendorong bagi guru-guru millenial di kota-kota besar, juga daerah terpencil guna sama-sama mendorong perubahan para guru millenial di Indonesia.

Baca juga : Survei Ungkap 52,9% Ibu Milenial Alami Tekanan Saat Memberi ASI

"Bersama, kita bisa menjadi guru yang milenial yang sesuai dengan tuntutan zaman; berkualitas dan bermoral tinggi.”, kata Rektor UHAMKA, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro pada pembukaan sambutan acara tersebut.

Dalam kegiatan regional I ini peserta yang terlibat sebanyak 643 orang yang tersebar di 14 Provinsi hadir naasumber Dr. Poppy Dewi Puspitawati, M.A, Widyaprada Ahli Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewi Yull artis, penyanyi, pemain film, motivator, dan pemerhati disabilitas..

Kemudian dalam acara kuis interaktif, peserta yang terlibat aktif dengan membuat pertanyaan terkait materi yang disampaikan o narasumber, adapun pemenangnya yaitu Bimo Catur Nugroho sebagai peserta terbaik I dari Taman Harapan Baru, Bekasi, Jawa Barat dengan memperoleh hadiah tunai dan beasiswa kuliah di Uhamka.

Berikutnya Nurul Octariningsih peserta terbaik II dari TKIT Nurul Fikri, Depok, Jawa Barat dan Murti Sarining Laras, peserta terbaik III dari SLB Negeri Brebes, Jawa Tengah memperoleh hadiah uang tunai dan beasiswa kuliah di Uhamka.

Selain itu, terdapat voucer pulsa bagi penanya terbaik yang dimenangkan Adam Malik dari SMP Muhammadiyah 3 Gending, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur dan voucher pulsa bagi pendaftar pertama di google form yang dimenangkan Laili Nisfi Afifah dari SD Islam Annuriyah.

Uhamka berharap dengan kegiatan ini dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidik di Indonesia.( RO/OL-2)

 

Baca Juga

Dok: Humas Basarnas Bandung

28 Korban Meninggal Longsor Sumedang Berhasil Ditemukan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:19 WIB
Data per Minggu (17/1) pukul 03.59 WIB, total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 28 orang dan 12 orang masih dinyatakan...
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Ini Kelompok Masyarakat yang tak Bisa Diberi Vaksin Covid-19 Sinov

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 07:12 WIB
Beberapa kelompok yang tak bisa mendapatkan vaksin covid-19 sinovac yakni memiliki riwayat positif covid-19, wanita hamil dan menyusui,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemendikbud Turunkan Tim untuk Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat

👤Suryani Wandari 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:34 WIB
Kemendikbud mendata terdapat 10 sekolah di Kab Majene, 14 sekolah di Kab Mamuju dan 3 sekolah di Kab Mamasa yang rusak akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya