Selasa 14 Juli 2020, 06:20 WIB

Pulihkan Ekosistem dengan Program Desa Peduli Gambut

(Aiw/H-3) | Humaniora
Pulihkan Ekosistem dengan Program Desa Peduli Gambut

Antara/Syifa Yulinnas
lahan gambut

 

EKOSISTEM gambut di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Papua telah mengalami kerusakan akibat pengalihfungsian lahan dan kebakaran. Badan Restorasi Gambut (BRG) membuat program Desa Peduli Gambut guna mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Deputi III BRG Myrna A Safi tri mengungkapkan, khusus di wilayah Papua, luas target restorasi gambut mencapai 39.239 hektare yang tersebar di empat kabupaten. Hingga Juni 2020, terdapat 12 desa peduli gambut di Papua yang telah didampingi sejak tiga tahun yang lalu.

"Tujuan penting dari program Desa Peduli Gambut ini adalah untuk memfasilitasi desa-desa agar mereka bisa meningkatkan status desanya" kata Myrna dalam acara Festival Kebudayaan Desa-Desa Nusantara, kemarin.

Kegiatan utama dari program ini, antara lain penempatan fasilitator Desa Peduli Gambut, pemetaan sosial, ekonomi, dan spasial, pemberdayaan ekonomi, serta resolusi konfl ik dan pemantauan restorasi gambut. "Bicara tentang Papua adalah bagaimana cara memulihkan gambut dan juga melindungi upaya-upaya untuk menjadikan kebudayaan lokal sebagai basis dari pembangunan perdesaan," imbuhnya. (Aiw/H-3)

Baca Juga

Antara

Prakiraan Cuaca Akhir Tahun, BMKG : Potensi Hujan Lebat Hingga Nataru 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:43 WIB
Bahkan sampai Nusa Tenggara Timur juga hujan lebat dan hujan intensitas sedang juga akan...
DOK Roche Indonesia

Telementoring ECHO Bantu Bangun Layanan Jejaring Kanker di Indonesia

👤Siswantini Suryandari 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:42 WIB
Kementerian Kesehatan RI bersama Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais dan Roche Indonesia menginisiasi pelatihan pertama telementoring...
DOK Kemendikbudristek

Kemendikbudristek Komitmen Sukseskan Digitalisasi Sekolah

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:40 WIB
PUSAT Data Statistik Pendidikan (Pusdatin), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya