Senin 27 April 2020, 20:50 WIB

Ini Cara Dedi Mulyadi Hentikan Kegiatan Pemulung

Antara | Humaniora
Ini Cara Dedi Mulyadi Hentikan Kegiatan Pemulung

Antara
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi.

 

ANGGOTA DPR RI Dedi Mulyadi menghentikan kegiatan para pemulung yang biasa beroperasi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sekaligus menjamin biaya hidup mereka selama masa pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masih banyak pemulung beserta keluarganya yang berkeliaran," kata Dedi melalui sambungan telepon, di Karawang, Senin.

Ia berinisiatif menjamin biaya hidup para pemulung selama beberapa waktu ke depan, setelah menjumpai seorang pemulung beserta anak dan istrinya masih berkeliaran di tengah wabah korona.

Pemulung itu membawa roda berisi barang rongsokan dan diikuti istrinya yang menggendong anak. Potret keluarga pemulung yang masih berkeliaran di tengah wabah Corona itu direkam serta diunggah di akun media sosial pribadinya.

Dalam rekaman video tersebut, sang pemulung mengaku berasal dari Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Ia terpaksa tetap mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kemudian Dedi meminta pemulung itu pulang, sekaligus meminta agar tidak lagi beraktivitas. Selanjutnya, ia mengantarkan pemulung itu pulang dan memberikan bantuan sembako.

Atas peristiwa itu, Dedi melakukan penyisiran aktivitas pemulung lain di wilayah Purwakarta. Hasil penyisiran, ada sekitar 200 pemulung yang ditemui.

"Ada sekitar 200 pemulung yang berhasil saya sisir. Saya berharap agar mereka pulang ke rumahnya masing-masing dan beristirahat. Saya memberikan bantuan mereka untuk memenuhi kebutuhannya selama diam di rumah," kata Dedi.

Mantan Bupati Purwakarta ini mengaku tidak mudah menghentikan kegiatan pemulung. Tapi setelah diberi pengertian, akhirnya mereka mengerti dan tidak akan berkeliaran untuk ikut memutus rantai Virus Corona.

Ia menyampaikan, para pemulung hasil penyisirannya itu berasal dari sejumlah daerah, seperti Cirebon, Tegal, Karawang,, Cianjur, dan lain-lain.

Mereka rata-rata mengontrak di Purwakarta, dan diminta tetap diam di rumah kontrakannya masing-masing hingga wabah korona benar-benar menghilang. Selama tidak beraktivitas, mereka akan mendapat bantuan dari Dedi Mulyadi. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Menkes: Bio Farma Belum Tentukan Harga Vaksin Mandiri

👤Ant 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:16 WIB
"Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,"...
Foto Twitter Fahmi Ismail.

Pengamat: Perlu Edukasi Publik untuk Ciptakan Dunia Maya Sehat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 19:51 WIB
Cyber Crime Polri sebagai aparat penegak hukum dapat melakukan edukasi kepada masyarakat dengan menegur terlebih dahulu konten yang...
ANTARA/Wahdi Septiawan

KLHK Tangkap Pemburu Satwa Liar di TN Way Kambas

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 19:30 WIB
Para pemburu satwa liar tersebut akan dijerat dengan pasal pidana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya