Selasa 23 Februari 2016, 05:47 WIB

Kejujuran Charlie Sheen Dorong Kesadaran Tentang HIV

Widhoroso | Humaniora
Kejujuran Charlie Sheen Dorong Kesadaran Tentang HIV

AFP/JOE KLAMAR

 

PENGAKUAN aktor kawakan Charlie Sheen bahwa dirinya positif mengidap virus HIV, November tahun lalu, mendorong terciptanya rekor di mesin pencari Google di Amerika Serikat.

Hasil riset yang diumumkan, Senin (22/2) menyebutkan beberapa jam setelah pengakuan Sheen tersebut, tercatat 2,75 juta pencarian tentang hal yang berkaitan dengan HIV tercatat di Google. Para peneliti mengatakan efek pengakuan Charlie Sheen tersebut harus dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan HIV.

Angka pencarian tentang kondom, gejala HIV,, dan tes HIV langsung meroket begitu Sheen mengakui dirinya terkena penyakit mematikan tersebut. Pencarian dengan kata kunci kondom naik 75 persen. Sedangkan pencarian soal gejala dan tes HIV naik hingga 540 persen dan 214 persen.

Dalam jurnal Journal of the American Medical Association, Profesor John Ayers dari San Diego State University menyatakan ketika tidak akan pemaksaan untuk mengungkapkan status HIV pada seseorang, pengakuan Charlie Sheen mungkin bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

"Pengakuan tersebut berpotensi membantu masyarakat untuk lebih banyak mempelajari lebih lanjut tentang HIV dan pencegahannya. Pengakuan tersebut harus bisa membuat manfaat lebih besar dan abadi," jelas Ayers.

Sheen, bintang komedi situasi Two And A Half Men mengejutkan dunia dengan pengakuannya pada November tahun lalu. Dengan terbuka, ia menyebut telah mengidap HIV dalam sebuah acara talkshow di stasiun televisi NBC.

Kepada presenter Matt Lauer, Sheen mengungkapkan sebelumnya berusaha menyimpan rahasia tersebut. Namun ia akhirnya memutuskan untuk mengungkapkan kebenaran apa yang terjadi.

"Aku tidak akan menjadi orang poster untuk ini. Tapi aku tidak akan menghindari diri dari tanggung jawab dan kesempatan yang mendorong saya untuk membantu orang lain," ujar Sheen saat itu. (BBC/OL-1)

Baca Juga

Dok. Meccaya Group

Meccaya Group Libatkan UMKM Dan Warga Dukung Perayaan Trisuci Waisak 2022 Di Candi Pawon

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:34 WIB
Festival internasional ini diawali dengan doa lintas agama, yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai tokoh Indonesia maupun...
Ilustrasi

Migrain Muncul Usai Makan Karbohidrat dan Gula, Benarkah?

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:22 WIB
Kemungkinan besar bukan makanan yang menyebabkan migrain, melainkan migrain yang menyebabkan orang menyantap makanan...
Ist

Peningkatan Fasilitas Puskesmas untuk Cegah Penyebaran Hepatitis Akut

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:00 WIB
Ketika sel hati rusak enzim ini dilepaskan dan kadarnya dalam darah menjadi tinggi. Jika nilai SGOT dan SGPT 100 maka harus dirujuk ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya