Sabtu 04 Januari 2020, 20:42 WIB

Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Jaga Silat Sebagai Budaya Indonesia

Deri Dahuri | Humaniora
Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Jaga Silat Sebagai Budaya Indonesia

Istimewa
Eddie M Nalapraya mengapresiasi buku The Power of Silat yang ditulis Herman Budianto, Ketua Kampung Silat Jampang Dompet Dhuafa.

 

LEMBAGA kemanusiaan Dompet Dhuafa mengajak masyarakat melestarikan  pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia.

"Mari kita rawat pencak silat sebagai budaya bangsa yang menjadi identitas bangsa Indonesia,"ungkap Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Madjidi, pada acara pentas dan peluncuran buku The Power of Silat bertempat di DMall Depok, Sabtu (4/1).

Tokoh pencak silat internasional Mayjen TNI Purn Eddie M Nalapraya mengapresiasi Dompet Dhuafa yang turut mengembangkan pencak silat. Ia juga mengapresiasi buku The Power of Silat yang ditulis Herman Budianto, Ketua Kampung Silat Jampang Dompet Dhuafa.

Eddie menegaskan, silat adalah untuk kehidupan. Pencak silat bukan untuk beladiri tapi untuk kehidupan dan untuk menjaga ahlak yang baik. Silat juga untuk beladiri dan kesehatan. 

Di samping itu, lanjutnya, silat untuk kesejahteraan. "Dalam silat ada aspek keamanan dan kesejahteraan, Ini bisa menjadi ketahanan bangsa Indonesia," tambahnya. 

Kini sudah ada 70 negara yang menggemari silat. "Dan silat sudah diakui oleh badan dunia UNESCO. Kita harus kembangkan," tegas Eddie yang menjadi guru besar silat Indonesia.

Ia mengajak generasi muda belajar dan mencintai budaya silat. Eddie mengajak pemuda Indonesia mempejari silat, termasuk dari buku dan juga YouTube. "Coba buka di YouTube ada Ksatria Bangsa, dan perjalanan silat menuju UBESCO," jelas Eddie.

Sementara Herman Budianto menjelaskan, Dompet Dhuafa mendorong dan melestarikan silat melalui Kampung Silat Jampang.

"Kami melalui Dompet Dhuafa memiliki perhatian terhadap pengembangan silat," tuturnya.

Pada 2008 pihak mereka mengumpulkan para guru silat untuk mengembangkan seni bela diri itu. "Kami tidak ingin silat mati obor, gurunya meninggal silat turut mati," jelasnya.

Buku The Power of Silat untuk mengajak masyarakat dan membuat silat memberikan manfaat. Pencak silat memberikan dampak positif dalam kehidupan.(OL-09)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya