Minggu 01 Desember 2019, 23:22 WIB

Organisasi Pemuda Internasional Kunjungi Serikat Nelayan Sumatera

Usman Kansong | Humaniora
Organisasi Pemuda Internasional Kunjungi Serikat Nelayan Sumatera

Konferensi Pemuda Internasional
Konferensi Pemuda Internasional

 

PERGERAKAN Indonesia, sebagai tuan rumah Konferensi Pemuda Internasional yang diikuti dari 20 peserta lintas negara dilangsungkan di Medan sejak 28 Nov -1 Des 2019.

Acara ditutup dengan kunjungan Pantai Mangrove yang terletak di Kabupaten Serdang Bedagai.

Abi Rekso, Sekjen Pergerakan Indonesia mengutarakan alasanya menutup acara konferensi di hutan bakau. Menurutnya, bakau adalah tanaman yang begitu penting dalam gerakan konservasi laut.

"Hutan bakau, bukan saja melahirkan siklus ekosistem baru. Tetapi juga membantu masyarakat nelayan dalam mencegah abrasi dan erosi. Jika tidak, masyarakat pesisir bisa tergusur karena naiknya permukaan laut akibat perubahan iklim," papar Abi Rekso.

Sutrisno selaku Ketua Serikat Nelayan Sumatera Utara dan tuan rumah penutupan Konferensi Pemuda Internasional, sangat mengapresiasi kedatangan delegasi internasional yang datang dari berbagai negara Asia Pasifik dan Eropa.

"Tanaman bakau ini adalah benteng kehidupan kami kaum nelayan. Bakau juga mendatangkan banyak hasil laut yang bisa kita jual di pasar ikan. Selain untuk mencegah abrasi," papar Sutrisno.

Selama lebih dari dua puluh tahun dirinya menilai banyak manfaat bakau. Selain itu Sutrisno juga mengelola koperasi nelayan yang mendorong bentuk partisipasi masyarakat nelayan pesisir pantai timur.

"Ditengah perubahan iklim, mencari ikan dilaut juga tidak mudah. Karena rute migrasi sudah banyak berubah. Serta tidak semua nelayan memiliki kemampuan untuk membeli teknologi canggih. Kita perlu kreativ dengan mengelola aspek wisata untuk menambah pemasukan," tutup Sutrisno. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok. Poltekkes

Poltekkes Diharap Cetak SDM Unggul

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 00:34 WIB
Para tenaga pengajar wajib terus mengembangkan metode pembelajaran supaya mahasiswa tidak bosan di...
pddikti.kemdikbud.go.id

Operator PDDikti Ujung Tombak Pelaporan Data Perguruan Tinggi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 04 Desember 2020, 23:44 WIB
Operator PDDikti merupakan ujung tombak pelaporan data perguruan tinggi ke pemerintah, dalam hal ini laman PPDikti Kementerian Pendidikan...
MI/Palce Amalo

Hari Ini Kasus Sembuh Covid-19 Bertambah 3.625 Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 23:05 WIB
Kasus kesembuhan terbanyak dilaporkan DKI Jakarta sebanyak 935 orang, disusul Jawa Barat (379 orang) dan Jawa Tengah (333 orang)....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya