Rabu 07 Agustus 2019, 06:05 WIB

Mendikbud Ajak Tertib Berbahasa

 (Dhk/H-3)  | Humaniora
Mendikbud Ajak Tertib Berbahasa

MI/MOHAMAD IRFAN
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

 

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta agar bahasa Indonesia terus dijadikan bahasa utama di ruang publik. Mendikbud mengajak masyarakat dan elemen pemerintah untuk tertib menggunakan bahasa Indonesia.

"Tugas kita ialah menjaga dan menegakkan bahasa Indonesia termasuk ketika di ruang publik. Ini harus ada penegakan perundang-undangan karena penggunaan bahasa Indonesia merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009," kata Muhadjir dalam lokakarya Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik, di Jakarta, Selasa (6/8).

Menurut Muhadjir, pemakaian bahasa Indonesia secara tertib belum dilakukan secara menyeluruh. Masih banyak papan pengumuman maupun iklan yang menggunakan bahasa asing. Kecenderungan itu, ujar Muhadjir, berpotensial menggerus identitas dan eksistensi bahasa Indonesia.

Penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik seperti diatur dalam dalam UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Bahasa Indonesia wajib digunakan, antara lain dalam administrasi publik, komunikasi resmi di pemerintah dan swasta, nama bangunan, informasi produk, spanduk, dan informasi melalui media massa.

Menurut Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Dadang Sunendar, penggunaan bahasa Indonesia di lingkup pemerintahan masih terjaga baik. Justru kendalanya ialah penggunaan bahasa asing pada swasta.

Lembaga usaha, jelas Dadang, lebih condong menggunakan bahasa asing dalam pengumuman maupun medium promosi. "Padahal, tidak ada korelasi langsung antara bahasa asing dan laku tidaknya sebuah produk," ujarnya. (Dhk/H-3)

Baca Juga

Ist

KNPI dan FKPPI Siap Bersinergi Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:21 WIB
Saatnya pemuda menyatukan tekad guna membantu pemerintah, di antaranya menyukseskan program vaksinasi guna menekan angka penyebaran...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Jaringan Internet BAKTI Membuat Pulau Auki tidak Lagi Kelam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:35 WIB
Sayangnya, dari 19 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor baru 2 distrik yang terkoneksi dengan sambungan telekomunikasi...
Dok FKG Univ Moestopo

FKG Universitas Moestopo Sukses Gelar Pelatihan Dental Implan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:10 WIB
Melalui program KIT GTI di PBIKG, dokter gigi dapat memperoleh sertifikat yang berlaku lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya