Rabu 19 Juni 2019, 00:20 WIB

Gaya Hidup Penyebab Utama Sakit Jantung

(*/H-2) | Humaniora
Gaya Hidup Penyebab Utama Sakit Jantung

Thinkstock
Ilustrasi

 

PENYAKIT kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) merupakan jenis penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia termasuk di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan penyakit jantung koroner dewasa ini mulai menyerang kelompok usia yang lebih muda.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Johan Winata SpJP, mengatakan beberapa faktor utama penyebab tingginya penyakit jantung ialah gaya hidup tidak sehat. Seperti kurangnya aktivitas fisik serta rendahnya konsumsi buah dan sayur.

"Selain itu, tingginya tingkat stres di kalangan usia 30-an tahun juga turut meningkatkan risiko penyakit jantung," ujarnya pada peluncuran gerakan #LiveHeartFirst oleh Nestlé Acticor, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi serat pangan sebanyak tujuh gram sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 9%.  "Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung, disarankan untuk memperbanyak konsumsi serat, mengurangi asupan lemak jenuh dan transfat, dan beraktivitas fisik secara rutin.”

Pada kesempatan sama, Business Executive Officer Dairy Nestlé Indonesia, Windy Cahyaning Wulan mengatakan pihaknya mengadakan gerakan #LiveHeartFirst yang bertujuan mengajak masyarakat khususnya kaum muda, untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. "Pada kesempatan ini kami juga mengenalkan Nestlé Acticor, minuman mengandung susu serta beta glucan dari oats dan serat inulin yang berasal dari chicory untuk membantu menurunkan kolesterol." (*/H-2)

Baca Juga

MI/ Widjajadi

Mengenali Water Spout, Bukan Puting Beliung

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 08:40 WIB
Terbentuknya awan cumulonimbus yang sangat cepat dapat memicu cuaca ekstrem, seperti badai guruh, angin puting beliung, maupun Water...
MI

Menteri Agama Minta Operasional UIII Dimulai September 2021

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 08:25 WIB
UIII merupakan proyek strategis...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Pasien Covid-19 Naik, Kemenkes Minta Setiap RS Tambah Tempat Tidur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 06:04 WIB
Kementerian Kesehatan mengirimkan surat edaran agar daerah menambahkan  30%-40% ruang perawatan untuk covid-19 di rumah sakit. Serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya