Rabu 27 Maret 2019, 09:20 WIB

Keliru Bersihkan Telinga Bisa Bikin Tuli

MI | Humaniora
Keliru Bersihkan Telinga Bisa Bikin Tuli

Wordpress.com
Ilustrasi Tuli

 

TULI pada telinga bisa disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya penumpukan serumen, yang sering disebut kotoran telinga yang terjebak dalam telinga. Hal itu bisa terjadi akibat kesalahan dalam membersihkan telinga.

"Untuk membersihkan kotoran telinga, seharusnya jangan terlalu sering mengorek menggunakan cotton bud karena itu akan membuat kotoran justru terdorong masuk ke dalam telinga," ujar Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (PP Perhati-KL) Indonesia dr Soekirman Soekin, SpTHT-KL(K) di Jakarta, pekan lalu.

Ia menjelaskan, serumen merupakan bagian dari sistem pertahanan yang mencegah masuknya benda asing, misal, serangga, ke dalam telinga. Serumen hanya terdapat di sepertiga bagian luar lubang telinga. Serumen sebetulnya bisa keluar sendiri melalui mekanisme tubuh.

Baca Juga : Cegah Tuli kepada si Kecil

"Berbicara, menguap, dan mengunyah dapat membantu telinga mengeluarkan kotoran karena sendi pada rahang manusia akan mendorong kotoran keluar telinga," imbuhnya.

Bila tak juga keluar, ia menyarankan penggunaan cairan khusus penghancur kotoran telinga. Kemudian bersihkan lubang telinga dengan tisu atau cotton bud untuk bayi yang berukuran kecil, tapi jangan mengorek terlalu dalam.

"Jika membersihkan terlalu dalam, selain akan mendorong kotoran masuk, juga dapat membuat bagian telinga menjadi iritasi dan akan memperparah kondisi telinga," katanya. (*/H-2)

Baca Juga

Freepik

Kista Ginjal Dipastikan Jinak, bukan Kanker

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 September 2023, 05:45 WIB
Kista ginjal biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun jika kista pada ginjal tumbuh cukup besar, gejalanya mungkin meliputi nyeri tumpul di...
HO

Atase Imigrasi Beijing Gelar Pelayanan Keimigrasian di Wuhan

👤Widhoroso 🕔Minggu 24 September 2023, 23:11 WIB
Imigrasi KBRI Beijing bersama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing melaksanakan pelayanan keimigrasian bagi WNI di daerah...
HO

Tokoh Muda Palopo Ajak Generasi Muda Sukseskan Pemilu 2024

👤Widhoroso 🕔Minggu 24 September 2023, 21:49 WIB
HARI Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober merupakan momentum bagi generasi muda untuk memberikan sumbangsih kemajuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya