Rabu 20 Maret 2019, 20:00 WIB

Ikan Lentera Terancam Mikroplastik

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Ikan Lentera Terancam Mikroplastik

Ist

 

IKAN lentera atau ikan mesopelagik kecil memiliki peran penting dalam sistem laut menyimpan emisi karbon. Namun, peran itu terancam oleh masifnya sampah plastik di laut dalam bentuk mikroplastik.

Pakar Oseanografi Institut Pertanian Bogor Aalan Koropitan mengatakan, sejumlah studi menunjukkan, ikan tersebut trerkontaminasi plastik, sehingga mengancam kelangsungan hidupnya.

"Ini temuan-temuan baru di sejumlah riset yang baru hangat diperbincangkan satu tahun belakangan," kata Alan Koropitan dalam diskusi Pojok Iklim di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (20/3).

Ia menuturkan kondisi mikroplastik di lautan memang mengkhawatirkan. Tercatat 1,8 triliun mikroplastik mengapung di kawasan Great Pacific Garbage Patch yang berlokasi di tengah Samudra Pasifik.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Gerakan Nasional Atasi Limbah Plastik

Penelitian dari University of California San Diego, Amerika Serikat, menunjukkan laju konsumsi (ingestion rate) sampah plastik oleh ikan mesopelagik di Samudra Pasifik bagian utara mencapai 24.000 ton/tahun.

Ikan yang lazimnya berukuran tiga sentimeter tersebut biasanya hidup di perairan dalam hingga kedalaman 1.000 meter. Populasi lentera akan naik ke permukaan laut untuk mencari makan.

Namun, konsumsi mikroplastik bisa menyebabkan ikan mati ataupun kesulitan kembali ke laut dalam karena kemampuan menyelamnya berkurang. Hal itu menyebabkan tidak berfungsinya peran ikan lentera mengekspor karbon ke bawah laut.

"Ikan lentera juga banyak di Indonesia. Stok ikan kita ternyata 10 kali lipat jika memasukkan hitungan ikan ini," ujarnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok pribadi

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengajian Bulanan Membentuk Kepribadian Muslimah

👤Winni Oktavia, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:35 WIB
Pengajian ini merupakan wadah untuk mengembalikan eksistensi kemanusiaan agar terhindar dari masalah dan degradasi...
Antara/Fakhri

Hari Ini Migrasi Siaran Analog ke Digital Tahap II Diberlakukan di 4 Provinsi

👤Naufal Zuhdi 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:00 WIB
ANALOG Switch Off (ASO) tahap II akan dilakukan pada 2 Desember 2022 dimulai pukul 24.00 oleh penyelenggara Multipleksing (MUX). Empat...
MUI

MUI : Dana Talangan Haji Hukumnya Mubah dengan Syarat

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:45 WIB
MUZAKARAH Perhajian Indonesia Tahun 2022 melarang penggunaan dana talangan haji karena mengakibatkan antrean haji semakin panjang....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya