Jumat 25 Januari 2019, 13:15 WIB

Dampak Keterlibatan Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak

Dhaifurrakhman Abas | Humaniora
Dampak Keterlibatan Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak

Ilustrasi

 

RASA gamang kerap dirasakan para orang tua. Lebih lagi jika buah hati merengek dan bersedih.

Untuk mengobati kesedihan, lantas permintaan anak dituruti. Mulai dari membelikannya barang yang disukai hingga beragam mainan baru.

Sayangnya kebahagiaan yang diasosiasikan lewat pembelian mainan atau barang yang disukai anak merupakan langkah yang salah. Sebab anak akan lebih bahagia apabila mendapatkan segala memori menyenangkan yang dilalui bersama orang tua.

"Bayangkan berapa mainan yang Anda miliki dulu, tidak ingatkan? Anak lebih mengingat pengalaman menyenangkan yang akan dibawa hingga dewasa kelak," kata Psikolog anak dan keluarga Elizabeth Santosa, di Jakarta, Kamis 24 Januari 2018. Membelikan barang yang disukai dan mainan baru bukan berarti tidak membuat anak bahagia sama sekali. Namun hal ini akan membikin standar kebahagiaan anak hanya dapat dinilai dari kepemilikan materi.

"Itu sebabnya mulai dari sekarang bangun memori bahagia bersama anak, mulai dari terlibat penuh dengan hal-hal yang disukainya. Tidak usah memori yang terlalu fancy tapi yang penting orang tua terlibat untuk anak," ujarnya.

Lagipula, kata Elizabeth, rasa bahagia akan membuat anak cukup memiliki energi positif. Ini berguna ketika anak menjalani serangkaian kegiatan sehari-hari.

"Misalnya, ketika bersekolah, ia lebih mudah menyerap pelajaran apabila memiliki energi positif. Sebaliknya ketika anak tidak merasa bahagia maka ia akan mudah lelah dan tidak bersemangat dalam menjalani hari," ujarnya.

Selain bikin anak lebih bahagia, keterlibatan orang tua terhadap kehidupan anak merupakan pondasi penting dalam membentuk perkembangan psikososial mereka.

Hal ini pada akhirnya membentuk anak memiliki kontrol atas diri, manajemen diri serta keterampilan sosial yang baik.

"Anak yang bahagia atas keterlibatan orang tua, menurunkan kemungkinan untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum," tandasnya. (Medcom/OL-09)

Baca Juga

Ist/DPR

Puan Minta Pencabutan PPKM Harus Miliki Strategi Matang

👤 Sri Utami 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:18 WIB
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah memertimbangkan rencana pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat...
MI/ADAM DWI

Jamaah Calon Haji di atas 65 Tahun yang Tidak Bisa Berangkat Jangan Tarik Setoran Awal

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:16 WIB
Karena masih ada harapan tahun depan penyelenggaraan haji bisa kembali normal tanpa ada batasan...
Antara

Jokowi: Perlu Komitmen Global untuk Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:14 WIB
Sebagai tuan rumah GPDRR 2022, Indonesia siap berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai mitigasi bencana, sekaligus belajar dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya