Kamis 24 Januari 2019, 13:22 WIB

BKSDA Aceh Sita 2 Anak Orangutan yang Dipelihara Warga

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BKSDA Aceh Sita 2 Anak Orangutan yang Dipelihara Warga

ANTARA FOTO/Zamzami

 

BKSDA Aceh bersama mitra Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOSL OIC) kembali menyelamatkan Orangutan Sumatra (Pongo abelii) yang dipelihara warga Gampong Suka Makmur, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan pihaknya menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya seorang warga yang memelihara hewan yang dilindungi tersebut.

"Penyitaan ini merupakan tindak lanjut laporan warga kepada petugas BKSDA Resort Langsa," kata Sapto dalam keterangan resmi, Kamis (24/1).

Sapto menjelaskan, orangutan berjenis kelamin jantan berusia 1 tahun itu dipelihara warga bernama Alamsyah sejak beberapa pekan lalu. Alamsyah menemukan anak orangutan tersebut di kebun miliknya beberapa minggu lalu.

Selanjutnya, hewan langka itu akan direhabilitasi di tempat karantina The Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP) di Batumbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

"Untuk menjalani rehabilitasi, sebelum kemudian dilepasliarkan kembali nantinya," pungkas Sapto.

Baca juga: Walhi Temukan Habitat Orangutan di Pembukaan Lahan Tanpa Izin

Sebelumnya, BKSDA Aceh bersama BBTNGL dan Tim HOCRU YOSL-OIC serta Polres Aeh Barat Daya, Selasa (22/1), menyita orangutan jantan berusia 2 tahun yang juga dipelihara warga di Gampang Raya, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh.

Pemilik satwa langka dilindungi itu awalnya menolak saat petugas akan membawa orangutan dan meminta ganti rugi. Namun, setelah diberi penjelasan tentang konservasi satwa dilindungi, akhirnya petugas berhasil menyelamatkan orangutan tersebut.

Orangutan Sumatra (Pongo abelii) merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi dari Kelompok Mamalia Famili Hominidae berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.92/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi.

Dalam katergori IUCN Orangutan Sumatra (Pongo pigmeus abelii) berstatus kritis/critically endangered dengan penyebaran/distribusi meliputi Pulau Sumatra. Sementara, distribusi populasi terbesar mulai dari Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subuluusalam.

Hingga saat ini, jumlah Orangutan Sumatra di alam diperkirakan berjumlah kurang lebih 13.846 individu dengan luasan habitat 16.775 km persegi.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya