Selasa 31 Maret 2015, 00:00 WIB

Menag Larang Penggunaan LKS Agama Islam yang Bertentangan

Puput Mutiara | Humaniora
Menag Larang Penggunaan LKS Agama Islam yang Bertentangan

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin--MI/Susanto

 
MENTERI Agama Lukman Hakim Syaifuddin secara tegas melarang setiap sekolah untuk menggunakan buku agama Islam dan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang isinya bertentangan dengan ajaran agama Islam.

"Saya instruksikan kepada setiap kepala madrasah untuk tidak mempergunakan LKS tersebut di madrasah. Sementara bagi madrasah yang sudah terlanjur memiliki LKS tersebut karena diperdagangkan oleh penerbit swasta, agar segera menariknya dan menolak jika ada penawaran dari pihak penerbit," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Pasalnya, sejumlah buku mata pelajaran Agama Islam dan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) Madrasah Aliyah (MA) kelas X mata pelajaran SKI yang diterbitkan pihak swasta itu juga telah memicu reaksi keras masyarakat karena ada indikasi pelecehan sahabat Nabi.

Untuk itu, ia akan melayangkan surat edaran tertulis terkait hal tersebut ke kantor wilayah Kemenag Provinsi seluruh Indonesia. Menag berharap, aparat penegak hukum segera mengusut kasus tersebut dan membawanya ke proses hukum.

Disamping itu, pihaknya juga akan terus melakukan penelusuran dan pemantauan atas adanya upaya pihak-pihak untuk memasukkan paham-paham tertentu yang bertentangan dengan paham mayoritas umat Islam Indonesia.

"Saya sudah mengomunikasikan hal ini dengan Mendikbud dan akan menempuh kebijakan yang sama untuk menarik buku-buku tersebut," ungkapnya. (OL-3)

Baca Juga

Antara

BPJS Kesehatan Pastikan tidak Ada Perubahan Iuran dalam Penerapan KRIS

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:08 WIB
Skema iuran tetap mengacu pada Perpres Nomor 64 Tahun 2020, di mana besaran iuran bergantung dari golongan kepesertaan BPJS...
Dok. Pribadi

Kolaborasi Second Life Indonesia-kafe Excelso Ajak Perempuan Bangkit di Masa Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:04 WIB
Kegiatan itu memberikan edukasi untuk melakukan pengaturan keuangan keluarga, merekatkan hubungan kasih dan keluarga kembali serta...
Antara

25,05% Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksi Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:02 WIB
Sebanyaj 35.375.727 masyarakat rentan dan umum sudah menerima vaksin covid-19 booster per Minggu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya