Senin 23 Maret 2015, 00:00 WIB

Pelayanan BPJS Harus Utamakan Pasien Darurat

Puput Mutiara | Humaniora
Pelayanan BPJS Harus Utamakan Pasien Darurat

ANTARA/Agus Bebeng

 
KEPALA Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Irfan Humaidi menyampaikan penanganan pasien dengan kondisi darurat harus diutamakan meski antrean sedang mengular di rumah sakit.

''Umumnya, antrean di setiap rumah sakit diurutkan berdasarkan siapa yang datang lebih dulu. Tetapi baiknya, untuk pasien yang membutuhkan penanganan atau tindakan cepat harus diutamakan,'' ujarnya kepada Media Indonesia, di Jakarta, Senin (23/3).

Pernyataan Irfan itu terkait dengan salah satu pasien yang merupakan keluarga jurnalis harus mengantre meski sedang butuh layanan cepat karena harus operasi tumor otak di salah satu rumah sakit pemerintah di Jakarta.

Akan tetapi, Irfan menegaskan tindakan operasi atas pasien disesuaikan juga dengan kesiapan rumah sakit, baik dokternya maupun kelengkapan alat dan tenaga medis lain. ''Misalnya, operasi bisa ditunda karena kurangnya pemenuhan tenaga ahli atau kapasitas yang terbatas,'' tutur Irfan.

Untuk itu, menurut Irfan, yang berwenang menentukan waktu pelaksanaan operasi dan teknis pengobatan lainnya adalah pihak rumah sakit. BPJS hanya bertanggung jawab memberikan jaminan biaya bagi pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan.

''Selama sesuai dengan prosedur dan indikasi penyakitnya, BPJS bakal mengeluarkan surat legalitas yang menunjukkan pasien tersebut dijamin BPJS. Tinggal kemudian, rumah sakit yang melaksanakan itu,'' ucap dia. (Mut/H-2)

Baca Juga

Ist/Ilustrasi/wikihow

Pilihlah Produk Penata Rambut Pria Berbahan Aman dan Menyehatkan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:54 WIB
Celebrity stylist di New York, AS, Amy Komorowski, menyarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak wax, pomade, serum, maupun...
AFP/Rodger Bosch.

Pfizer/BioNTech Klaim Tiga Dosis Efektif Lawan Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:52 WIB
Dalam hasil awal yang diterbitkan pada Rabu, Pfizer dan BioNTech mengatakan vaksin mereka masih efektif dalam mencegah covid-19, juga...
Ilustrasi

Life Skill Anak Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:20 WIB
Life skill atau kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang siswa untuk mau dan berani menghadapi permasalahan hidup dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya