Minggu 22 Maret 2015, 00:00 WIB

Mengejar Rating Sinetron Stripping

Fik/M-2 | Humaniora
Mengejar Rating Sinetron Stripping

MI/RAMDANI
Yanti Puspitasari, Penulis skenario sinetron stripping

 

KULTUR industri sinetron stripping membuat para penulis skenario harus siaga setiap hari. Demi rating mereka mengerahkan semua ide bercerita agar unik dan menarik. Rating menjadi penentu sebuah tayangan mampu meraup keuntungan rumah produksi.

Untuk itu, diskusi bersama tim penulis sangat diperlukan. Apalagi, sistem manajemen dan pembagian tugas juga harus dilakukan secara disiplin. Mengemban tanggung jawab agar posisi sinetron ajek menjadi yang utama.

Karya-karya Yanti Puspitasari, 42, mampu membuktikan keajekan posisi rating. Tak mengherankan jika selama 11 tahun sejak 2008, judul sinetron yang ia kerjakan selalu mendapatkan penghargaan dari Film Festival Bandung.

Sinetron Inayah yang digarapnya pun berhasil merontokkan rating Cinta Fitri yang selalu bercokol di rating pertama dunia sinetron. "Waktu bikin cerita ini sampai dicari MUI karena pemeran hijab berkarakter jahat dan menimbulkan kontroversi," kisah Yanti.

Menurut Yanti, kisah Islam memiliki pesan moral yang baik dan bisa dikembangkan secara segar. "Namun, tetap ada konflik antara yang baik dan buruk agar bisa dipertontonkan dakwahnya," kata Yanti.

Bila era 1998 hingga 2000-an awal, sinetron banyak didominasi oleh kisah-kisah Islam, kini sinetron beralih menjadi legenda fantasi, salah satunya 7 Manusia Harimau. Walaupun diangkat dari kisah novel dan menggunakan nama tokoh-tokoh di dalamnya, Yanti dan tim penulis lainnya pun tetap mengembangkan tokoh-tokoh dari imajinasi mereka demi orisinalitas alur cerita.

Sementara itu, perlakuan tidak enak seperti cacian kerap pun diterima jika sinetron yang tayang tidak masuk lima besar share rating. "Itu jadi bahan evaluasi kami sekaligus tantangan untuk membuatnya bertahan di peringkat lima besar atau harus memompanya naik," ungkap salah satu tim penulis, Joni Faisal, 41.

Hal senada juga disampaikan Rosamayna Barus, 32, yang memulai karier sejak 10 tahun lalu. Menurutnya, seidealis apa pun seorang penulis, pasti akan berhadapan dengan rating, yang sangat menentukan panjang atau pendeknya serial stripping.

Baca Juga

Dok. pribadi

Pakar : Asal Tidak Berlebihan, MSG Aman Dikonsumsi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:38 WIB
"Melalui peraturan no.23 MSG dinyatakan aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa, dengan penggunaan secukupnya dan tidak...
Antara/Akbar Nugorho Gumay

Sandiaga Dorong Kolaborasi dengan UT untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:18 WIB
"Saya ingin mengajak UT untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif dalam...
Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya