Kamis 19 Maret 2015, 00:00 WIB

Indonesia Kekurangan Sarjana Teknik Sipil

MI | Humaniora
Indonesia Kekurangan Sarjana Teknik Sipil

ANTARA/Anang Budiono

 
PEMERINTAH kini sedang membutuhkan sarjana teknik sipil untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sedang giat-giatnya menggenjot infrastruktur di berbagai daerah. Sayangnya dari kebutuhan sarjana teknik sipil itu hanya 20% yang baru dipenuhi perguruan tinggi.

''Beberapa tahun belakangan memang kebutuhan sarjana teknik sipil sepi. Namun sekarang di bawah Presiden Jokowi ada peluang besar bagi perguruan tinggi untuk berlomba-lomba menghasilkan sarjana tekhnik sipil guna memenuhi kebutuhan pemerintah itu,'' ungkap Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila (UP) Fauzri Fahimuddin dalam diskusi tentang jasa konstruksi, di Jakarta, kemarin.

Fakultas Teknik UP sendiri, jelas dia, sejak 2013 sudah mempersiapkan itu dengan memberi pelatihan pada sarjana teknik sipil selama 50 jam pelatihan, agar setelah lulus, bisa direkrut pemerintah.

Senada dengan itu, Ketua DPP Intakindo DKI Deddy Arief menyatakan dari sekitar 285 ribu sarjana teknil sipil yang dibutuhkan tiap tahun, hanya sekitar 72 ribu sarjana yang terpenuhi.(H-2)

Baca Juga

Ist

Suasana Kelas Demokrastis Tumbuhkan Semangat Belajar Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:50 WIB
Tantangan terbesar dalam proses pembelajaran adalah bagaimana peserta didik, baik pelajar maupun mahasiswa memahamii apa yang...
DOK MI

LPP TVRI Raih Indeks Tertinggi Enam Kategori Program Acara

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:42 WIB
LPP TVRI menorehkan prestasi dengan meraih indeks kualitas tertinggi lewat Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode II Tahun...
Ist

Wujudkan Kota Humanis Bagi Disabilitas Butuh Dukungan Semua Pihak

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:16 WIB
Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021, Baznas Bazis DKI Jakarta menggelar diskusi bersama para penyandang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya