Senin 07 Desember 2015, 00:00 WIB

Teuku Rifnu Wikana Cerpennya Diangkat ke Layar Lebar

MI/RETNO HEMAWATI | Hiburan
Teuku Rifnu Wikana Cerpennya Diangkat ke Layar Lebar

MI/Permana

 

CERPEN berjudul Selamat yang ditulis aktor film Teuku Rifnu Wikana, 35, segera diangkat ke layar lebar dan disutradarai Emil Heradi. Proses syuting film telah usai dan diharapkan bakal tayang pada Maret 2016.

"Cerpen Selamat itu nantinya akan berjudul Night Bus atau Bus Malam. Saya sendiri selain menjadi produser juga akan bermain dalam film itu, sebagai kernet," kata Rifnu kepada Media Indonesia, beberapa saat lalu.

Dia kemudian bercerita cerpen Selamat yang dipublikasikan di laman Lentera.com hanyalah satu dari sekian banyak karya yang telah ditulisnya. "Namun, cerpen yang sangat bernyawa, ya, cerpen Selamat. Jadi, harus diselamatkan," ucapnya bercanda.

Proses syuting dilakukan selama 24 hari dan berakhir pada 14 Oktober 2015. Rifnu kemudian bercerita lokasi pengambilan gambar film Night Bus dilakukan di Jakarta, Cibubur, Pangandaran, Tasikmalaya, Nagrek, dan Banjar.

Karena film itu mengisahkan konflik di daerah dengan 80% latar di dalam bus yang beroperasi malam hari, para kru yang bermain dalam Night Bus mesti beraktivitas di luar kebiasaan. "Biasanya orang kerja kan pagi sampai sore, malam istirahat. Karena kita butuh gambar dengan latar yang gelap, ya namanya kan bus malam. Jadi, kerja kita terbalik, paling telat pukul 06.00 kita sudah harus 'bungkus'," jelas aktor yang pernah mencari tambahan penghasilan dengan cara mengamen di bus kota jalur Sudirman, Jakarta, itu.

Lelaki kelahiran Pematangsiantar, 3 Agustus 1980, itu tertarik bercerita tentang konflik karena merasa dirinya sangat dekat dengan peristiwa itu. "Saya kan sempat tinggal berdekatan dengan daerah konflik dan turut merasakannya," kata dia.

Namun, dengan buru-buru dia menambahkan, konflik yang dimaksudkannya ialah konflik dalam arti luas. Menurutnya, tidak ada yang lebih penting dari kepentingan kemanusiaan. "Tidak ada gunanya berkonflik karena ada sisi kemanusiaan yang harus dimenangkan," kata dia.

Mencari bintang
Film Night Bus dibintangi Edward Akbar, Torro Alexander Marx Margens, Tio Pakusadewo, Donny Alamsyah, dan Agus Nur Amal atau yang dikenal dengan sebutan PM Toh.

Selain itu, terdapat beberapa wajah baru yang sengaja dicari tim Night Bus Pictures. Alasannya ialah regenerasi. "Bagi sebagian orang, orang-orang yang muncul di film kan wajah yang itu-itu saja dan kami khawatir menjadi membosankan," kata dia.

Pihaknya kemudian menggelar casting hingga ke Medan dan Semarang dan akhirnya menemukan satu orang untuk tokoh yang secara lahiriah sudah memiliki kemampuan, kekuatan, dan bakat. Rifnu yang berpikir pada awalnya mudah untuk mencari pemeran akhirnya harus melewati proses yang sulit itu.

"Kami sangat berharap dan berdoa mendapatkan tokoh utama dari kampus, tetapi memang sulit untuk mencarinya. Mencari aktor ternyata sama sulitnya dengan mencari sutradara karena dia diciptakan, bukan terlahir," kata Rifnu merendah dengan mengaku dirinya terlahir menjadi aktor sehingga harus banyak belajar dan dipoles. (P-2)

Baca Juga

AFP/Mark Thompson/Getty Images

Ashton Kutcher Bersyukur Kembali Hidup Sehat

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 12:15 WIB
Lelaki bernama lengkap Christopher Ashton Kutcher tersebut mengaku sempat mengalami beberapa gejala mengkhawatirkan akibat penyakit...
Instagram @willmara__

Terinspirasi Suasana Bandara, Will Mara Rilis Safe Flight

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:45 WIB
Dengan warna musik yang cerah, lagu terbaru Will menceritakan tentang seseorang yang menanti kembalinya sang kekasih dari...
Instagram @disneyplushotstarid

Disney+ Hotstar Hadirkan THE ZONE: Survival Mission

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:00 WIB
Acara yang dibintangi Yu Jaeseok, Lee Kwangsoo, dan Kwon Yuri ini terbagi dalam delapan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya