Minggu 26 Juli 2020, 08:13 WIB

Surga yang Ternoda Plastik

Administrator | Foto

Di kedalaman laut Pulau Weh, Aceh, itu keindahan tidak lagi murni. Ada benda putih transparan melayang-layang serupa ubur-ubur namun nyatanya adalah kantong plastik.

Jika mata manusia saja hampir tertipu bisa dibayangkan yang terjadi pada ikan, penyu, dan hewan laut lainnya. Akhir buruknya mungkin serupa kematian sejumlah paus di berbagai negara, termasuk Indonesia, yang kemudian diketahui memiliki perut yang penuh dengan sampah plastik.

Pencemaran plastik, hingga ke laut dalam, memang bukan baru. Sayang, permasalahan yang telah lama ini tidak juga membuahkan perbaikan.

Sampah plastik tetap ditemukan di perairan bahkan meluas hingga wilayah terpencil. Menandakan kondisi yang kiat gawat dan petaka yang sebenarnya makin dekat ke manusia.  

Sebab hal itu merupakan gambaran pula akan tingkat pencemaran mikroplastik. Dengan ukurannya yang mikron, limbah itu tidak menyebabkan kematian langsung hewan laut namun justru terakumulasi di rantai makanan, dimana manusia berada di puncaknya. 

Tidak sedikit penelitian yang menunjukkan mikroplastik ditemukan di tubuh berbagai hewan laut. Sebab itu saatnya manusia bertindak untuk mencegah bahaya lebih besar. (M-1) MI/SUMARYANTO BRONTO/Bro

Foto Lainnya

Pemakaman Diego Armando Maradona

👤Administrator 🕔Jumat 27 November 2020, 06:58 WIB
Pemakaman Diego Armando...

Pekan Teater Sumatra 2020

👤Administrator 🕔Kamis 26 November 2020, 22:25 WIB
Pekan Teater Sumatra...

Bupati Situbondo Meninggal Karena Covid-19

👤Administrator 🕔Kamis 26 November 2020, 22:23 WIB
Bupati Situbondo Meninggal Karena...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya