Jumat 09 Desember 2016, 00:15 WIB

Mengenang untuk Bangkit

(rom) | Foto
Mengenang untuk Bangkit

IQBAL LUBIS - MAKASSAR

 

TARMIZY HARVA - MEDAN

BENCANA tsunami di Aceh 12 tahun lalu menjadi salah satu musibah terdahsyat dalam sejarah Indonesia, bahkan dunia. Ratusan ribu orang menjadi korban. Indonesia menangis, Indonesia berduka. Untuk memperingati peristiwa tersebut, Dari Balik Lensa Media Indonesia bersama Metro TV dan Media Group menyelenggarakan lomba foto Silaturahim Indonesia Menangis 12 Tahun Mengenang Tsunami Aceh. Lomba foto berhadiah total Rp100 juta plus juara 1,2, dan 3 akan mendapatkan tambahan hadiah umrah masingmasing untuk 2 orang itu digelar bukan sekadar mengembalikan memori duka, melainkan juga untuk memetik teladan dari kekuatan masyarakat Aceh yang tetap tabah bertahan menghadapi cobaan dan kemudian bangkit melanjutkan kehidupan.

Selain itu, juga untuk memberi penghargaan kepada mereka yang memiliki kepedulian membantu warga Aceh yang tengah dirundung kemalangan. Melalui lomba foto inilah jejak-jejak sejarah mulai dari gelombang tsunami meluluhlantakkan kotakota di Aceh, derita rakyat terdampak bencana, rasa kemanusiaan para relawan, hingga proses rekonstruksi tergambar dengan jelas.

Setelah proses seleksi yang sangat ketat, para juri yang terdiri atas; Kadiv Foto dan Artistik Media Indonesia Hariyanto, Fotografer Senior Kantor Berita Reuters Beawiharta, dan host program Mata Najwa, Najwa Shihab, akhirnya memilih foto juara 1,2 dan 3 serta dan 50 juara harapan dari hampir 1.700 foto yang dikirimkan ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Selama proses penjurian dua pewarta foto dan satu pewarta televisi yang meliput langsung peliputan peristiwa tsunami pada Desember 2004 itu terlibat perdebatan yang cukup sengit dalam menentukan foto-foto terbaik. Tentu saja setiap argumentasi juri selalu berujung pada kedalaman makna dan kesesuaian tema tiap-tiap foto yang dipilih sebagai pemenang. Akhirnya mereka pun bersepakat untuk memilih foto-foto yang tidak saja kuat secara visual, tetapi juga memiliki makna yang dalam sehingga mampu menggerakkan atau memengaruhi mereka yang melihatnya. (rom)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya