Minggu 22 April 2018, 00:00 WIB

Gambaran Dunia yang Pilu

SUMARYANTO BRONTO | Foto
Gambaran Dunia yang Pilu

KEVIN FRAYER, GETTY IMAGES

 

DI tengah berbagai keterbatasan, manusia akan tetap bisa menemukan kebahagiaan. Sayangnya keceriaan tidak tampak di kamp pengungsi Rohingya di Balukhali, Cox's Bazar, Bangladesh. Tampaknya tak sedikit orang yang sepertinya benar-benar kehilangan bahagia. Salah satunya tampak dari seorang anak pengungsi Rohingya dengan air mata meleleh di pipinya mengharap iba saat pendistribusian bantuan. Foto dengan visual

kuat tersebut merupakan bagian dari foto cerita yang diabadikan fotografer Kevin Frayer dari Getty Images. Foto karya Frayer itu meraih juara 2 pada kategori foto cerita general news World Press Photo 2018.

Kegetiran dan kepiluan masih mendominasi dari foto-foto yang menjawarai penghargaan World Press Photo 2018. Tahun ini, ajang kompetisi foto jurnalistik paling bergengsi tingkat dunia ini diikuti 4.548 fotografer dari 125 negara yang menyertakan sebanyak 73.044 foto.

Dewan juri yang diketuai Magdalena Herra, menganugerahkan photo of the year untuk foto Ronaldo Schemidt berjudul Venezuela Crisis. Foto ini juga menjuarai kategori Spot News Single.

Foto yang diabadikan itu berkisah tentang seorang pengunjuk rasa Jose Victor Salazar, 28, terbakar di tengah bentrokan hebat selama unjuk rasa saat protes terhadap Presiden Nicols Maduro, di caracas, Venezuela. Salazar terbakar ketika tangki bensin sebuah sepeda motor meledak. Dia selamat dari insiden dengan luka bakar tingkat pertama.

"Gambar klasik, tetapi dengan energi dan dinamika yang sangat besar. Warna, gerakan, komposisi yang bagus. Gambar ini memiliki kekuatan," ujar ketua juri Magdalena Herrera.

Masih soal unjuk rasa, juara 2 foto single untuk kategori spot news diraih Ryan M Kelly pewarta foto The Daily Progress. Dalam fotonya, Kelly membidik oang-orang yang terlempar ke udara saat sebuah mobil

berkecepatan tinggi menabrak kerumunan demonstran Unite the Right di Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat pada Sabtu 12 Agustus 2017.

Dari sejumlah deretan pemenang penghargaan, ada satu kategori yang menarik. Yakni foto cerita kategori sport yang diraih fotografer Alain Schroeder asal Belgia lewat bidikannya tentang joki cilik di Pulau Sumbawa, Indonesia.

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya