Minggu 12 November 2017, 00:16 WIB

Musim Panen Kopi di Kolombia

Sumaryanto Bronto | Foto
Musim Panen Kopi di Kolombia

MI/Sumaryanto Bronto

 

SAAT semburat warna merah sudah muncul di antara rimbun hijau di wilayah pegunungan Andes di Kolombia, itu artinya kabar gembira bagi para buruh kopi. Mereka, yang kebanyakan merupakan penduduk asli, akan segera menuju ke lereng-lereng yang memang merupakan daerah kebun kopi.

Kolombia merupakan penghasil kopi nomor dua di Amerika Selatan, setelah Brasil. Musim panen kopi akan berlangsung Oktober hingga Desember.

Federasi Pembudi Daya Kopi Kolombia mengaku datangnya buruh petik dadakan itu merupakan berkah. Bahkan pihak federasi sengaja mengajak para buruh untuk datang ke wilayah yang merupakan salah satu perkebunan kopi terbesar, yakni Ciudad Bolivar, yang merupakan bagian dari Antioquia.

Buruh kopi biasanya akan datang ke kota pada Minggu dan kemudian diangkut ke wilayah panen menggunakan jip. Buruh ini dibekali makanan dan perbekalan lain yang mencukupi untuk tiga bulan musim panen.

Para buruh ini kebanyakan datang dari wilayah Embera dan Zenu. Jumlah mereka bisa mencapai 25 ribu orang, sedangkan populasi penduduk Kota Ciudad Bolivar hanya berkisar 20 ribu dengan 4.000 di antara mereka merupakan pemetik kopi.

Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah-wilayah lain penghasil kopi, seperti Risaralda, Caldas, and Quindio. Kondisi menggambarkan pentingnya kopi bagi kehidupan banyak masyarakat asli di Kolombia. Cerita kehidupan itulah yang kemudian berhilir di cangkir di kafe-kafe trendi di penjuru Amerika. (AFP/M-3)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya