Selasa 27 Desember 2022, 15:35 WIB

Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Mendapat Jaminan Pendanaan Rp 9,89 Triliun

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Mendapat Jaminan Pendanaan Rp 9,89 Triliun

MI/Ardi Teristi
Pembangunan Tol Solo Yogyakarta

 

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo yang tengah dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) telah mendapatkan jaminan pendanaan melalui kredit sindikasi yang diberikan kepada badan pengelola, yakni PT Jogja Solo Marga Makmur – PT JMM.

PT JMM selaku badan usaha pengelola jalan tol tersebut, telah memperoleh fasilitas kredit sindikasi senilai Rp9,89 triliun. Fasilitas kredit sindikasi ini didukung oleh para kreditur sindikasi, yang terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA selaku Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner – JMLAB, bersama dengan lembaga pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrasturktur (Persero) – SMI, dan 9 Perbankan lainnya.

Pendanaan dari kredit sindikasi ini akan digunakan untuk pendanaan pelaksanaan pembangunan tahap I sepanjang 49,25 km. Jalan tol ini, nantinya akan menghubungkan dua provinsi antara Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pada tahap I pembangunan jalan tol ini, terdiri dari Seksi 1.1 Kartasura-Klaten sejauh 22,3 km, Seksi 1.2 Klaten-Purwomartani 20,08 km, kemudian ditambah sebagian dari Seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo sepanjang 3,63 km dan sebagian dari Seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman 3,25 km.

ADHI bertugas dalam melaksanakan pekerjaan proyek konstruksi pada Seksi 1.1 dan Seksi 2.2, dengan progres pada Seksi 1.1 telah mencapai 45,9%.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo memiliki total panjang sejauh 96,57. Ruas ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol yang berada di wilayah Segitiga Emas Joglosemar – Yogyakarta-Solo-Semarang, serta merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional – PSN.

Jalan tol ini akan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Transjawa lainnya, salah satunya ialah Tol Yogyakarta-Bawen yang juga dikerjakan oleh ADHI.

Peran dari kawasan Joglosemar akan menjadi semakin meningkat di pulau Jawa, sejalan dengan tersambungnya ruas jalan tol yang saat ini tengah dibangun. Kawasan Joglosemar merupakan penopang pertumbuhan ekonomi, industri, hingga pariwisata di tengah Pulau Jawa.

Entus Asnawi selaku Direktur Utama ADHI menerangkan, kolaborasi yang dilakukan antara ADHI, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan instansi lainnya, bertujuan untuk melahirkan infrastruktur jalan tol yang aman, nyaman, serta mengutamakan keselamatan.

"Pada prosesnya, pembangunan ini begitu menantang. Oleh karena itu, kami berkomitmen mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan inovasi dalam menghadapi tantangan yang cukup sulit", ujar Entus, melalui keterangan yang diterima, Selasa (27/12).

Jalan tol ini juga diharapkan akan memberikan kemudahan aksesibilitas untuk mempermudah akses transportasi dan distribusi masyarakat, hingga dorongan lahirnya potensi ekonomi dan industri yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Royalti 0% Perusahaan Batu Bara, Rugikan Negara Rp33,8 Trilun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:35 WIB
Kerugian negara dari kebijakan 0% royalti untuk perusahaan batu bara akan semakin besar. Dalam 20 tahun ke depan, estimasi kerugian negara...
Ist

Perluas Portofolio, Airasia Super App Gandeng Archipelago International

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:18 WIB
Hadirnya kemitraan strategis ini telah memperluas portofolio Airasia Super App dengan ketersediaan lebih dari 40 ribu kamar di lebih dari...
MI/RAMDANI

Festival Kopi Media Indonesia Wujud Nyata Dorong Industri Kopi

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:09 WIB
Syahrul menyatakan bahwa Festival Kopi Media Indonesia merupakan wujud nyata dari kontribusi Media Indonesia untuk mendorong industri kopi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya