Rabu 23 November 2022, 17:14 WIB

PUPR Siap Bangun Zona 1B dan 1C Kawasan Inti IKN

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PUPR Siap Bangun Zona 1B dan 1C Kawasan Inti IKN

ANTARA/Hafidz Mubarak
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan tengah menyiapkan pembangunan zona 1B dan 1C di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. 

Diketahui, zona 1A merupakan pemerintahan inti. 1B merupakan zona yang meliputi pemerintahan pendidikan dan 1C merupakan KIPP yang mencakup pemerintahan kesehatan. 

"Saya diminta untuk mempercepat (pembangunan IKN). Saya tadi ketemu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) untuk bahas (pembangunan) kawasan 1B, 1C yang segera mulai dikerjakan," kata Basuki di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/11). 

Proyek IKN hingga 2024 dipatok senilai Rp43 triliun. Ada usulan tambahan anggaran Rp15 triliun untuk pembangunan jalan di zona 1B dan 1C di KIPP IKN Nusantara

Basuki menambahkan, dengan mengusung kota dalam hutan atau smart forest city, pembangunan infrastruktur IKN dilakukan dengan seminimal mungkin menebang pohon, sebaliknya menanam pohon dengan kanopi lebar, menata lansekap dan taman.

"Misalnya bikin jalan, pohon yang ditebang untuk badan jalan. Sisanya tidak boleh. Jadi ada panduan yang mana saja (pohon) yang boleh ditebang, dipanen, itu atas SOP Otorita IKN," terangnya. 

Di satu sisi, PUPR juga menyiapkan mitigasi bencana di IKN, karena kawasan itu bukanlah kawasan yang seluruhnya bebas dari bencana, seperti banjir dan longsor.

Dalam keterangan resmi PUPR disebutkan, upaya mitigasi bencana kawasan IKN diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara Tahun 2022-2042. 

Dalam upaya mitigasi struktural, PUPR melaksanakan pembangunan infrastruktur kawasan IKN dengan memperhatikan 3 aspek, yakni menjamin kualitas, menjaga kelestarian lingkungan, dan memperhatikan estetika. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Pertamina Patra Niaga

BBM Satu Harga Pertamina Kini Layani Kebutuhan Energi Masyarakat di 402 Wilayah di Indonesia 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:20 WIB
Implementasi program itu diwujudkan dengan peresmian lembaga penyalur BBM Satu Harga yang kembali dilakukan bersama BPH Migas di 3 wilayah...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Airlangga: Kenaikan Upah Minimum untuk Apresiasi Pekerja

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:01 WIB
Karenanya, pemerintah melalui menteri ketenagakerjaan menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum...
AFP

Menkeu: Investasi Harus Tumbuh di Atas 5% di 2023

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:49 WIB
Pada triwulan III 2022, investasi tercatat tumbuh di angka 4,9% dan turut berperan pada pertumbuhan ekonomi yang sebesar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya