Jumat 18 November 2022, 23:46 WIB

Pinjaman ADB US$500 Juta akan Dukung Reformasi BUMN RI

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pinjaman ADB US$500 Juta akan Dukung Reformasi BUMN RI

Dok MI
Ilustrasi

 

ASIAN Development Bank (ADB) telah menyetujui pinjaman berbasis kebijakan senilai US$500 juta atau sekitar Rp7,8 triliun guna mendukung reformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia.

Spesialis Manajemen Publik Senior ADB untuk Asia Tenggara Yurenda Basnett menjelaskan, pinjaman tersebut akan mencakup subprogram pertama di bawah Program Reformasi BUMN (State-Owned Enterprises’ Reform Program), yang akan membantu Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan resiliensi di perusahaan pelat merah.

“BUMN dapat berperan sangat penting dalam mendorong pemulihan dari pandemi covid-19 yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/11).

Program ADB tersebut, lanjutnya, akan mendukung pengurangan jumlah perusahaan BUMN untuk fokus pada operasi intinya dalam efisiensi keuangan dan dapat menyediakan layanan publik secara esensial.

KfW, bank pembangunan Jerman, akan memberi pembiayaan bersama (cofinancing) dengan pinjaman yang nilainya setara 300 juta euro atau sebesar US$$295,8 juta.

"Agar dapat memberikan nilai yang lebih besar bagi masyarakat, kelemahan struktural BUMN harus diatasi. ADB senang dapat ikut serta dalam mendukung upaya pemerintah mereformasi BUMN," kata Yurenda.

Indonesia memiliki lebih dari 100 BUMN pada 2021, dengan aset keseluruhan senilai $610 miliar, setara dengan sekitar 53% produk domestik bruto Indonesia. BUMN menyediakan beragam layanan publik, termasuk listrik, obat-obatan, layanan navigasi udara, distribusi pangan, dan logistik. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Pertamina: Masyarakat Jangan Khawatir, Stok BBM-LPG Aman Saat Nataru

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:47 WIB
Pertamina akan membentuk Satuan tugas (Satgas) mulai 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 untuk mengamankan stok energi...
Antara/Raisan Al Farisi.

Bulog Sebut Terdapat Penggilingan Padi yang Nakal

👤Ficky Ramadhan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:28 WIB
Terdapat data penggilingan yang jumlah pasokan berasnya berbeda dengan data kontrak yang sudah dibuat oleh...
ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Butuh Belanja Modal Rp90 T, Alasan PHE Melantai di Bursa

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:19 WIB
Alasan rencana aksi korporasi tersebut untuk kebutuhan pendanaan belanja modal atau capital expenditure (capex) PHE yang mencapai US$4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya